Jet Tempur Taiwan dan Tiongkok Bersitegang

Taipei, Jakartagreater.com – Pesawat-pesawat militer China dikabarkan telah meningkatkan misi angkatan udara yang agresif di dekat dan sekitar Taiwan. Beberapa waktu lalu, penerbangan yang terdiri dari jet tempur Shengyang J-11, pembom Xi’an H-6, dan pesawat AWACS Shaanxi KJ-500 telah bertemu dengan jet tempur F-16 Taiwan setidaknya dalam dua kali kesempatan, lansir Taiwannews.

Pada 23 Januari, beberapa jet tempur China, pembom H-6 Xi’an, dan pesawat peringatan dini KJ-500 terbang di atas Selat Bashi di selatan Taiwan. Pada 9 Februari, Cina kembali mengirimkan jet tempur Shenyang J-11, setidaknya empat pembom jet Xian H-6, dan sebuah pesawat peringatan dini udara KJ-500 sekitar pukul 11 pagi, dan pesawat terbang melalui Selat Bashi dan Selat Miyako – di lepas pantai timur Taiwan – sebelum kembali ke pangkalan, kata otoritas pertahanan Taiwan.

Kementerian Pertahanan Taiwan juga merilis foto salah satu jet tempur F-16 Taiwan, yang dipersenjatai dengan setidaknya satu rudal, terbang dekat ke pesawat jet pembom Cina untuk pemantauan. Kementerian menekankan bahwa militer Taiwan akan mengambil kendali penuh dari situasi apa pun dan meresponnya untuk memastikan kedaulatan Taiwan.

Media Tentara Pembebasan Rakyat China Military pada 10 Februari mengutip juru bicara militer Zhang Chunhui mengklaim bahwa militer di Taiwan bersekongkol untuk mendorong kemerdekaan pulau, dia mengatakan militer China tetap waspada dan akan memenuhi tugasnya dengan resolusi.

Pada hari yang sama, Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan mengkonfirmasi bahwa Beijing telah mengirim pesawat militer, termasuk pembom Xian H-6, ke Pasifik Barat di lepas pantai timur Taiwan melalui Bashi Channel untuk latihan. Sebuah pembom secara singkat melintasi “garis tengah” di Selat Taiwan, batas wilayah udara tidak resmi yang pernah dihormati oleh kedua belah pihak, tetapi dicegat dan diusir oleh pesawat tempur F-16 Taiwan, tambah kementerian.

Baru-baru ini, ketika Taiwan merayakan hari libur nasional, satu pembom Xi’an H-6 terbang dekat ke pantai barat daya pulau itu Jumat sore (28 Februari), menurut Kementerian Pertahanan Nasional.

Dua sumber yang mengetahui masalah ini mengatakan kepada Reuters bahwa dalam satu kasus, sebuah pesawat tempur Tiongkok “mengunci salah satu pesawat tempur Taiwan.” Mengunci radar memperlihatkan target telah didapat oleh sistem panduan rudal pesawat sebelum dilakukan penembakan rudal.

Salah satu sumber menggambarkan langkah ini sebagai “tindakan yang sangat provokatif oleh Cina.” Wang Ting-yu, seorang anggota parlemen dari Partai Progresif Demokratik (DPP) yang berkuasa dan anggota Komite Pertahanan Luar Negeri dan Nasional Legislatif Yuan, mengatakan kepada Reuters bahwa “Xi Jinping berusaha untuk menegaskan bahwa ia masih memegang kendali atas tentara.”

Sharing

3 pemikiran pada “Jet Tempur Taiwan dan Tiongkok Bersitegang”

Tinggalkan komentar