Slowakia Beli Roket Anti Tank Spike LR2

Jakartagreater.com – Kementerian Pertahanan Republik Slowakia telah menandatangani perjanjian dengan Eurospike (usaha patungan Rafael Advanced Defense Systems, Diehl Defense dan Rheinmetall Electronics) untuk pembelian rudal anti-tank Spike LR2 dengan sistem peluncurnya, lansir Defense24.

Pesanan dilakukan melalui badan Support and Procurement Agency NATO. Menurut perusahaan Rafael, Slovakia kini telah menjadi pelanggan keenam yang memutuskan membeli sistem Spike LR2, mempertahankan kompatibilitas penuh dengan peluncur portabel dan self-propelled untuk rudal Spike-LR. Sebelumnya, Latvia dan Estonia juga memutuskan untuk mengakuisisi Spike dalam versi LR2, serta Australia dan Israel.

Nilai kontrak dan jumlah peluncur dan rudal tidak diungkapkan dalam pengumuman. Namun, tentara Slovakia bermaksud menggunakan roket Spike tidak hanya pada peluncur portabel ICLU (Improved Command Launch Unit), tetapi juga akan dipasang pada kendaraan lapis baja. Pada tahun 2018, Kementerian Pertahanan mengumumkan keberhasilan integrasi rudal Spike-LR pada turret Turra 30, yang dipasang pada kendaraan lapis baja Patria 8×8.

Spike-LR2 nantinya akan menggantikan sistem rudal anti tank Fagot 9K111 dan Fagot 9K113 buatan era-Soviet yang saat ini digunakan di Angkatan Darat Slovakia dan akan meningkatkan efektivitasnya dalam memerangi kendaraan tempur berat.

Spike LR2 adalah versi terbaru dari sistem Spike LR Israel, sebuah rudal anti-tank berpandu generasi ke-5. Pertama kali dipamerkan di Le Bourget 2017 di Paris. Rudal berbobot sekitar 12,7 kg dan lebih ringan dari seri lawas, dan juga memiliki kemampuan penetrasi lapis baja meningkat 30% berkat hulu ledak kumulatif tandem baru. Jangkauan maksimum juga telah ditingkatkan, hingga 5,5 km untuk peluncur berbasis darat dan hingga 10 km untuk peluncur sistem udara (setelah menggunakan tautan radio tambahan).

Rudal Spike-LR2 dapat ditembakkan dari peluncur yang ada, memiliki sistem panduan modern dengan kamera inframerah, malam dan siang hari serta koneksi serat optik. Sehingga bisa melawan target yang tidak terlihat oleh operator. Rudal juga bisa memperbaiki arah penerbangan selama diluncurkan, termasuk perubahan target yang diserang, serta dapat ditembakkan dalam mode “fire and forget”.

Sharing

Satu pemikiran pada “Slowakia Beli Roket Anti Tank Spike LR2”

Tinggalkan komentar