Baru Diterima, Su-30SM Belarusia Latihan Manuver Taktis

Jakartagreater.com – Kementerian Pertahanan Belarusia menerima empat pesawat tempur multimisi Su-30SM dari Rusia akhir tahun lalu, dan di lapangan terbang militer di Baranavichy, para pilot Belarusia melakukan latihan praktis penerbangan pesawat tempur Su-30SM terbaru, lansir Sputnik.

Semua pilot yang menerbangkan Su-30SM, sebelumnya menjalani pelatihan teori di Lipetsk Rusia. Pilot “Air Knights” Belarusia melakukan latihan lepas landas dan pendaratan, gerakan aerobatik yang sulit, pertempuran udara, serangan target darat, dan pilot melakukannya siang dan malam dalam berbagai kondisi cuaca.

Belarusia menandatangani kesepakatan pada tahun 2012 untuk pembelian 12 jet tempur Su-30SM untuk menggantikan jet tempur MiG-29 lama.

Su-30SM adalah jet tempur multirole dua kursi, varian terbaik dari keluarga Sukhoi Su-30. Pesawat tempur ini dilengkapi dengan dua mesin turbofan AL-31FP dua dimensi TVC untuk kemampuan super-manuver. Su-30SM memiliki jangkauan operasi 1.500 km dan daya tahan penerbangan 3,5 jam tanpa pengisian bahan bakar.

Su-30SM mirip dengan Su-30MKI, namun dibangun dengan menggunakan sistem avionik murni buatan Rusia. Salah satunya adalah radar array fase pasif N011M BARS yang memiliki jangkauan pengintaian maksimum 400 km.

Su-30SM yang multirole adalah kombinasi dari superioritas udara dan kemampuan serangan ke permukaan. Dilengkapi dengan berbagai senjata termasuk rudal udara-ke-udara, rudal udara ke permukaan, bom free-fall dan bom presisi dengan total berat senjata hingga 8000 kg.

Sharing

Tinggalkan komentar