Wildcat Uji Terbang dengan Full Rudal Anti-Kapal

Jakaratgreater.com – Uji coba ketiga dari rudal anti-kapal MBDA Sea Venom yang dirancang untuk mempersenjatai helikopter Wildcat Leonardo AW159 Leonardo telah selesai – rilis Kementerian Pertahanan Inggris. Pada saat yang sama, penelitian sedang dilakukan pada varian helikopter bersenjata serbaguna ini, lansir Defense24.

Uji coba rudal Sea Venom dilakukan di tempat latihan Essais di lepas pantai selatan Prancis. Kali ini diluncurkan dari helikopter Airbus Dauphin. Rudal melalui tautan pertukaran data, tepat menghantam target sebuah kontainer mengambang. Sea Venom dapat mencapai titik yang ditentukan sebelum dan sesudah peluncurannya. Kedua mode operasi telah diuji dalam tes ini dan juga tes sebelumnya. Menurut MBDA, tes itu berhasil.

Disaat hampir bersamaan, sejak Juli tahun lalu, Leonardo telah melakukan upaya mengintegrasikan senjata roket pada helikopter Wildcat AW159 di pabrik Yeovil (Inggris). Integrasi dilakukan dengan menggunakan helikopter AW 159 Lynx Wildcat HMA2 milik Royal Navy, yang dilengkapi dengan sayap baru yang lebih besar dengan empat titik cantelan persenjataan, yang disebut Wildcat Weapon Wing.

Sayap dan sistem on-board yang menyertainya memungkinkan untuk menggotong hingga 4 rudal Sea Venom secara bersamaan (masing-masing 110 kg), atau 20 rudal udara-ke-permukaan Martlet LMM (Lightweight Multirole Missile), atau campuran keduanya (maksimal satu dapat digantung di hardpoint) Sea Venom atau lima rudal Martlet LMM (13-kilogram). Sebelumnya sudah melakukan uji terbang dengan sayap terpasang tetapi tanpa persenjataan, dan baru-baru ini juga melakukan uji penerbangan dengan persenjataan lengkap atau senjata dummy.

Helikopter Wildcat dengan rudal Sea Venom dan rudal Martlet (Foto : Leonardo Helicopters)

Mungkin tahun ini akan ada uji tembak proyektil dari helikopter Wildcat, karena helikopter ini diharapkan sudah siap operasional sebelum akhir tahun ini. Secara total, integrasi dengan sayap dan persenjataan 24 Wildcats HMA2 sedang direncanakan, yang diatur oleh kontrak tahun 2014 senilai 90 juta pound.

Wildcat nantinya akan beroperasi dari kapal induk Royal Navy yang baru, HMS Queen Elizabeth dan HMS Prince of Wales. Berkat persenjataan roket dan rudal terbaru, helikopter AW159 akan mampu melawan target permukaan dan target bawah air.

Sharing

3 pemikiran pada “Wildcat Uji Terbang dengan Full Rudal Anti-Kapal”

Tinggalkan komentar