Kapal Selam Rusia Dilengkapi Jammer Anti Sonobuoy

Jakartagreater.com – Rusia kemungkinan akan segera melengkapi kapal selam rudal balistiknya dengan jammer peperangan elektronik baru yang bisa dilepas. Perangkat jammer ini sepertinya dirancang untuk melindungi kapal selam dari sonobuoy dengan mencegah transmisi data dari sonobouy ke pesawat patroli maritim dan helikopter anti-kapal selam yang terbang di atas, lansir The Drive.

Perkembangan ini terjadi ketika Amerika Serikat, serta sekutu-sekutu NATO-nya, telah meningkatkan operasi anti-kapal selam di tengah peningkatan aktivitas kapal selam Rusia.

Surat kabar Rusia Izvestia pertama kali melaporkan perkembangan ini pada 12 Maret 2020. Tidak jelas apakah Angkatan Laut Rusia sudah menerima pengiriman jammer ini yang dikenal sebagai Burak-M atau masih dikembangkan. Biasanya, dalam konvensi penamaan senjata Rusia, “M” pada akhirnya berarti “modernisasi” yang dapat diartikan bahwa desain Burak sudah dimiliki sebelumnya oleh kapal selam Rusia.

Izvestia menyatakan bahwa Burak-M berfungsi dengan mengapung di permukaan dan kemudian secara otomatis mengaktifkan sistem pengacak, yang menghalangi sonobuoy untuk mengirimkan informasi yang dikumpulkan ke sensor akustik di atas pesawat. Tidak jelas bagaimana kapal selam meluncurkannya di tempat pertama, tetapi metode yang paling mungkin adalah melalui tabung peluncuran countermeasure lainnya, seperti umpan akustik yang dirancang untuk melawan torpedo.

Laporan tersebut juga tidak memberikan perkiraan jangkauan maksimal sistem pengacak dari Burak-M dan apakah mungkin mampu mengacak sistem lain di luar komunikasi sonobouys dan tautan data. Izvestia memang menunjukkan bahwa sistem itu dimaksudkan untuk memberikan waktu yang cukup bagi kapal selam untuk menyelinap menjauh dari para pengejarnya.

Bahkan meski memiliki kemampuan Burak-M terbatas untuk menghalangi kemampuan sensor sonobuoy untuk berkomunikasi dengan pesawat terbang dan helikopter, Burak-M masih akan menjadi tambahan yang berharga untuk keseluruhan paket countermeasuer yang tersedia untuk kapal selam Rusia.

Meskipun perang anti-kapal selam telah berkembang pesat sejak akhir Perang Dunia II, sonobuoy tetap menjadi alat utama untuk pesawat patroli maritim dan helikopter anti-kapal selam. Pesawat patroli maritim P-8A Poseidon terbaru Angkatan Laut AS sebenarnya tidak memiliki magnetic anomaly detector (MAD), sesuatu yang dulu merupakan standar untuk pesawat anti-kapal selam, yang mendukung sistem sensor akustik yang ditingkatkan yang mencakup sonobuoy.

Selama operasi perang anti-kapal selam reguler, pesawat dan helikopter akan menjatuhkan susunan sonobuoy besar untuk memantau posisi dan pergerakan kapal selam lawan. Selama konflik yang sebenarnya, sonobuoy memungkinkan pesawat atau helikopter yang terbang di atas untuk secara langsung menyerang target kapal selam, atau untuk memberi masukan informasi itu ke aset lain, termasuk kapal perang dan kapal selam di daerah tersebut.

Sangat mungkin bagi kapal selam untuk melarikan diri dari jaring sonobuoy, terutama kapal selam bertenaga nuklir atau kapal selam diesel elektrik dengan sistem propulsi udara-independen canggih (AIP), yang dapat tetap terendam selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan pada suatu waktu. Desain yang ditingkatkan dengan fitur untuk mengurangi jejak akustik kapal selam membuatnya sulit dideteksi sejak awal. Namun, semua ini tidak sepenuhnya menghilangkan peluang untuk tidak terdeteksi, dan Burak-M akan memberikan kemampuan tambahan untuk kapal selam yang ingin melepaskan diri dari pesawat intai maritim atau helikopter musuh yang berusaha menjebaknya dengan cepat.

Menurut Izvestia kemungkinan kapal selam pertama yang ditetapkan untuk menerima Burak-M adalah kapal selam rudal balistik, termasuk Project 955 Borei baru dan Project 955A Borei-A class di masa depan, serta Delfin class Project 677BDRM, juga dikenal sebagai Delta IV class. Sangat penting untuk postur detterent nuklir Rusia bahwa kapal selam ini tetap tersembunyi selama misi patroli untuk memastikan kemampuan mereka untuk melancarkan serangan balasan nuklir, jika perlu.

Kapal selam Project 636.3 Varshavyanka class, juga dikenal sebagai Kilo Improved, serta Project 677 Lada class, juga dapat menerima Burak-M. Ini adalah kapal selam tipe diesel elektrik. Project 636.3 tidak memiliki sistem AIP, yang berarti bahwa pelacakan terus-menerus dari sonobuoy berpotensi mengetahui posisi kapal selam saat ke permukaan, di mana kapal selam akan sangat rentan karena harus selalu mengisi daya baterai dan pasokan oksigen.

Burak-M juga hanyalah contoh lain dari semakin pentingnya peperangan elektronik bagi pasukan militer di seluruh dunia, terutama bagi Angkatan Laut.

Sharing

4 pemikiran pada “Kapal Selam Rusia Dilengkapi Jammer Anti Sonobuoy”

Tinggalkan komentar