KRI Usman Harun Akan Dilengkapi Dengan Rudal Mica dan Exocet Block 3

Jakartagreater.com – Angkatan Laut Indonesia (TNI-AL) berencana untuk meningkatkan sistem persenjataan pada korvet multirole KRI Usman-Harun (359) setelah dilakukan modernisasi pada sistem radar dan sistem tempurnya.

Berbicara kepada Jane pada 18 Maret, dua sumber industri yang dirahasiakan mengatakan rudal anti kapal Exocet MM40 Block 2 akan ditingkatkan dengan rudal Exocet MM40 Block 3 yang lebih jauh jangkauannya.

Korvet Usman-Harun juga akan dilengkapi dengan sistem rudak permukaan-ke-udara jarak pendek MICA VL (peluncuran vertikal) buatan MBDA, lansir Jane.

Menurut Jane’s Fighting Ships, KRI Usman-Harun sudah mampu menembakkan rudal MICA tetapi belum dilengkapi dengan senjata itu.

Pernyataan itu muncul setelah Thales dan PT Len Industri menandatangani kontrak pada 10 Maret untuk memodernisasi sistem misi kapal perang, yang mulai beroperasi pada Agustus 2014 setelah dibeli dari Brunei.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari yang sama Thales mengatakan bahwa pekerjaan peningkatan pada fregat 95 m Bung Tomo class, yang sebelumnya dikenal sebagai Bendahara Sakam, akan mencakup pemasangan sistem manajemen tempur TACTICOS, radar penjejak udara dan permukaan SMART-S Mk2, radar dan sistem kontrol tembak elektro-optik STIR EO Mk2, dan sistem tactical multi-purpose R-ESM (radar electronic support measures) Vigile Mk2.

Pekerjaan peningkatan pada sistem misi Usman-Harun diharapkan akan selesai pada akhir tahun 2023 dan akan sangat memperpanjang umur layanan fregat, kata perusahaan pada saat itu.

Menurut Thales, sistem baru ini telah dipasang pada Fregat Raden Eddy Martadinata class (SIGMA 10514), sehingga “memungkinkan konsistensi dalam operasi untuk angkatan laut”.

Modernisasi dari dua korvet kelas lainnya – KRI Bung Tomo (357) dan KRI John Lie (358) – diperkirakan akan didanai begitu pekerjaan modernisasi senilai US$60 juta pada KRI Usman Harun selesai, kata sumber-sumber industri tersebut.

Sharing

5 pemikiran pada “KRI Usman Harun Akan Dilengkapi Dengan Rudal Mica dan Exocet Block 3”

  1. Rudal Exocet mm38 sdh tdk lagi diproduksi dan kapal perang Indonesia yg menggunakan Exocet mm38 adlh kapal korvet kelas fatahillah dimana rudal nya sdh dicopot selain itu jangkauan rudal Exocet mm38 kalau tdk salah hanya 42 km

Tinggalkan komentar