Korea Utara Uji Coba Rudal Terbaru

Seoul Korea Selatan, Jakartagreater.com   –   Korea Utara  mengatakan  pada hari Senin 30-3-2020 telah berhasil melakukan uji coba peluncur roket “super-besar” dalam satu langkah menuju penyebaran operasional. Namun pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tidak tampak dalam acara peluncuran itu.

Korea Utara menembakkan 2 Rudal Balistik jarak pendek yang meluncur lebih dari 140 mil, dengan ketinggian maksimum hampir 20 mil sebelum jatuh ke laut di lepas pantai Timur pada hari Minggu, 29-03-2020 menurut militer Korea Selatan, dirilis Stripes.com.

Itu adalah peluncuran yang keempat bulan ini ketika negara Korea Utara yang mendesak maju untuk mengembangkan program senjatanya di tengah pembicaraan nuklir yang terhenti dengan Amerika Serikat dan terlepas dari pandemi Coronavirus.

Akademi Ilmu Pertahanan Korea Utara melakukan tes “untuk memverifikasi sekali lagi spesifikasi taktis dan teknologi dari sistem peluncuran,” yang akan dikirim ke unit-unit tentara, menurut Kantor Berita Pusat Korea yang dikelola pemerintah.

Peluncuran itu dipandu oleh pejabat senior partai yang berkuasa, Ri Pyong Chol, dan pejabat amunisi dan pertahanan lainnya, kata KCNA. Ditambahkannya, peluncuran itu “dilakukan dengan sukses.”

Ri Pyong Chol dilaporkan menekankan bahwa penyebaran operasional sistem senjata “adalah pekerjaan yang sangat penting” untuk pertahanan nasional. KCNA tidak memberikan detail lebih lanjut tentang senjata yang diuji.

Tiga peluncuran sebelumnya – pada 2, 9 dan 21 Maret 2020 – dipandu oleh pemimpin Korea Utara, tetapi ia tampaknya absen dari ujian hari Minggu.

Kim kemungkinan tidak merasa perlu hadir karena itu adalah tes rutin yang bertujuan memperbaiki kemampuan rudal, kata para ahli.

Korea Utara juga tampaknya berusaha untuk meningkatkan kepercayaan pada rezim dengan melanjutkan kegiatan militer sementara AS dan Korea Selatan menunda banyak kegiatan pelatihan karena masalah coronavirus.

Tinggalkan komentar