Produksi Penuh F-35 Ditunda Karena Virus Corona

Jakaratgreater.com – Operasi standar di Pangkalan Udara Edwards California, termasuk program uji pesawat tempur Lockheed Martin F-35 Lightning II, untuk sementara ditangguhkan sebagai bagian dari upaya AS untuk memperlambat penyebaran virus Corona. Hal ini dapat menyebabkan penundaan lebih lanjut dalam implementasi F-35 untuk produksi seri penuh yang telah ditunda selama setahun ini, lansir Defense24.

Sehubungan dengan pandemi COVID-19, pemerintah AS telah menerapkan program nasional untuk memperlambat dan mengurangi penyebaran virus Corona. Salah satu elemen dari program ini adalah membatasi semua pangkalan militer AS menjadi “lock down” karena mengancam keamanan negara atau kesehatan dan kehidupan tentara. Hasilnya, antara lain penangguhan penerbangan uji, simulasi dan kegiatan program terkait lainnya.

Implementasi penerbangan uji, simulasi dan kegiatan program sebenarnya diperlukan bagi F-35 untuk mendapatkan status produksi tingkat penuh, yang akan secara signifikan mempengaruhi, antara lain pada volume pesanan.

Sangat penting dalam hal ini untuk menangguhkan pekerjaan di bawah Joint Simulation Environment F-35, yaitu simulasi di mana kemampuan pesawat dan kemampuan keamanan siber, harus diuji untuk menghindari resiko akan diamati oleh dinas intelijen dari negara-negara yang berpotensi bermusuhan dengan AS, misalnya simulasi situasi tertentu dan pengoperasian sistem tempur musuh tertentu, dan efektivitasnya terhadap F-35 dalam berbagai situasi dan konfigurasi.

Perlambatan dalam pekerjaan ini selanjutnya dapat menunda Pentagon pada pemberian status produksi skala penuh. Setidaknya F-35 sudah terlambat 13 bulan dari yang direncanakan semula berakhir pada Desember 2019.

Menurut juru bicara Lockheed Martn Brett Ashworth, Komandan Pangkalan Angkatan Udara Edwards yang dihubungi menyatakan, pekerjaan sedang dilakukan oleh personelnya untuk menilai dampak dari virus Corona, karena implementasi F-35 adalah demi kepentingan vital Lockheed Martin dan Angkatan Udara AS.

3 pemikiran pada “Produksi Penuh F-35 Ditunda Karena Virus Corona”

    • Berharap saja penundaan ini tdk berlangsung lama krn sebagian negara yg memesan pespur f35 adlh negara yg tdk memiiliki kemampuan utk memproduksi pespur siluman gen ke 5 kenapa jg amerika tdk memberikan tot f35 kpd negara yg sdh membeli f35

Tinggalkan komentar