Kapal Selam Alugoro Uji Quick Diving Depth

Jakartagreater.com   –   Kapal selam karya anak bangsa Alugoro berhasil menjalani tahapan uji Quick Diving Depth (QDD) di Perairan Utara Pulau Bali, 13-03-2020, dirilis Instagram PT PAL.

Quick Diving Depth (QDD) adalah manuver yang dilakukan kapal selam dengan menyelam sesegera mungkin untuk menghindari serangan. QDD juga manuver standar untuk menghindari tabrakan.

Uji Quick Diving Depth kali ini ditinjau dan diikuti langsung oleh Kepala Tim Pelaksana (KaTimLak) KKIP Laksamana TNI (Purn) Sumardjono beserta anggota tim, Kadiv Kapal Selam Satriyo Bintoro dan Kadiv Sekretaris Perusahaan Rariya Budi Harta.

View this post on Instagram

Keberhasilan #KapalSelam Alugoro Laksanakan Pengujian Quick Diving Depth (QDD) .. #Kapalselam karya anak bangsa Alugoro telah berhasil menjalani tahapan uji Quick Diving Depth (QDD) di Perairan Utara Pulau Bali. QDD kali ini turut ditinjau dan diikuti langsung oleh Kepala Tim Pelaksana (KaTimLak) KKIP Laksamana TNI (Purn) Sumardjono beserta anggota tim, Kadiv Kapal Selam Satriyo Bintoro dan Kadiv Sekretaris Perusahaan Rariya Budi Harta. .. #Tahukahkamu #SobatPAL Quick Diving Depth (QDD) adalah manuver yang dilakukan oleh #KapalSelam di mana #KapalSelam menyelam sesegera mungkin untuk menghindari serangan. QDD juga merupakan manuver standar untuk menghindari tabrakan. .. .. #PTPALIndonesia #Submarine #Alugoro #AlutsistaPastiPAL #HomeofIndonesianSubmarine #GoingGlobalWithPAL

A post shared by PT PAL INDONESIA (Persero) (@ptpal_indonesia) on

Uji Tactical Diving Depth

Sebelumnya pada 4 Maret 2020 Kapal Alugoro berhasil menjalani tahapan uji Tactical Diving Depth (TDD) hingga kedalaman 310,8 meter di Perairan Utara Pulau Bali.

TDD adalah tes kedalaman taktis bagi sebuah Kapal Selam pada kedalaman di bawah layer laut yang sulit dideteksi kapal atas air, TDD merupakan bagian dari 53 item Sea Acceptance Test (SAT) Kapal Selam Alugoro.

Jakartagreater.com – Perusahaan pembuat kapal milik pemerintah Indonesia, PT PAL (Persero), telah mengumumkan hasil uji coba selam yang sukses dari kapal selam buatan Indonesia, Alugoro 405.

Diharapkan Beroperasi Desember 2020

Dibangun di fasilitas kapal selam PT PAL Indonesia, Alugoro 405 adalah kapal selam diesel elektrik Nagapasa class dan merupakan yang ketiga di kelasnya, lansir Naval Technology.

Kapal selam ini dibangun bekerja sama dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korea Selatan sebagai bagian dari perjanjian pada Maret 2011.

Pada 20 Januari 2020, tes dilakukan di perairan Banyuwangi di Jawa Timur dan Laut Bali. Uji coba termasuk fase penyelaman Nominal Diving Depth (NDD), yang merupakan bagian dari uji Sea Acceptance Test (SAT).

Kepala Divisi Kapal Selam PT PAL Satriyo Bintoro mengatakan bahwa keberhasilan penyelesaian uji NDD menyiratkan bahwa 90% dari proses konstruksi berhasil.

Sesuai jadwal, kapal selam diharapkan dapat dikirimkan pada Desember 2020 ke Angkatan Laut Indonesia. Kapal selam akan diserahkan kepada angkatan laut setelah beberapa proses pengujian Harbour Acceptance Test (HAT) dan Sea Acceptance Test (SAT).

Pada April tahun lalu, perusahaan kapal DSME Korea Selatan dianugerahi kontrak membangun 3 kapal selam untuk Indonesia dengan dukungan dari PT PAL.

Diproduksi dengan skema transfer teknologi dengan DSME, kapal selam diesel elektrik sepanjang 61,3 meter dengan kecepatan maksimum 21 knot saat menyelam dan 12 knot saat berada di permukaan. Kapal selam memiliki berat 1.400 ton dan jangkauan operasi hingga 10.000 mil laut.

Tinggalkan komentar