SAAB Mencuri Perhatian TNI dan Kemenham

Menhan dan KSAL memandangi mock up Gripen SAAB, Swedia (all photos: Telik Sandi).
SAAB Mencuri Perhatian TNI dan Kemenham 1

Jakarta – Indo defence 2014 telah berakhir, sebuah event yang diselenggarakan setahun sekali oleh Kementerian pertahanan RI. Banyak negara terlibat untuk sekedar melihat atau pun ikut mencoba peruntungan dengan menjajakan barang dagangannya. Sebut saja Inggris dengan Eurotyphon, Perancis dengan Rafaele, Rusia dengan Sukhoi family dan Amerika Serikat tentu saja tidak ketinggalan.

Namun ada satu negara yang mencuri perhatian Kemenham dan TNI. Negara itu adalah Swedia dengan SAAB yang mampu mencuri perhatian sejenak pejabat TNI AU /KSAU dan Kemenham, dimana SAAB membawa produk pesawat tempur Gripen dan kapal siluman laut drone bonefish. Dan tentu saja KRI Klewang II yang sedang dalam proses Under Construction” di PT.Lundin, Banyuwangi.

Walaupun Eurotypon telah menandatangani MoU / kerja sama pemasaran dengan PT.DI, namun sang user sesungguhnya lah yang akan menentukan pesawat mana yang menjadi penganti F-5 tiger TNI AU. Artinya kandidat pesawat tempur masih berpeluang untuk dipilih. Sebut saja SU-35, Typhoon, F16-Block 52 dan Gripen semakin nyata.

Untuk pesawat Gripen, KSAU Marsekal Ida Bagus Putu Dunia bahkan mencoba secara langsung cokpit simulator Gripen di saksikan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. Berikut photo-photo hasil blusukannya (by: Telik Sandi).

Mock up KRI Klewang II (all photos: Telik Sandi)
SAAB Mencuri Perhatian TNI dan Kemenham 2
Trimaran Bonefish (all photos: Telik Sandi)
SAAB Mencuri Perhatian TNI dan Kemenham 3
KSAU Marsekal Madya TNI Ida Bagus Putu Dunia mencoba simulator Gripen (all photos: Telik Sandi)
SAAB Mencuri Perhatian TNI dan Kemenham 4
Desain KRI Klewang II (Photo: Telik Sandi)
SAAB Mencuri Perhatian TNI dan Kemenham 5

Leave a Comment