Pelatihan Karantina Kapal dan Penanggulangan Penyakit Infeksi

Jakarta,  Jakartagreater.com  – Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Diskesal) menggelar Pelatihan Kekarantinaan Kapal dan Penanggulangan penyakit Infeksi Emerging Tertentu bertempat di Ruang Rapat Diskesal, Gedung B3, Mabes TNI Angkatan Laut, Cilangkap, Jakarta, Senin 30-3-2020, dirilis Situs TNI AL

Dalam kondisi mewabahnya Virus Covid-19 di mana pemerintah telah mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk melakukan Social Distancing, maka kegiatan pelatihan yang akan berlangsung selama 5 hari ke depan ini dilakukan dengan menggunakan metode Teleconference.

Pelatihan dipimpin Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Kadiskesal) Laksma TNI dr. Ahmad Samsul Hadi. Pelatihan ini diikuti oleh seluruh personel Satuan Kesehatan (Satkes) TNI Angkatan Laut seluruh Indonesia.

Kadiskesal dalam Teleconference-nya antara lain menyampaikan bahwa penyakit Covid-19 yang ditularkan melalui virus merupakan salah satu penyakit karantina yang sudah dinyatakan oleh WHO sebagai pandemic yang harus selalu diawasi dan dikendalikan penyebarannya.

Salah satu upaya pengendaliannya adalah dengan melakukan kekarantinaan untuk menurunkan faktor risiko penularan penyakit oleh manusia, vektor dan binatang pembawa.

“Untuk itu kepada para peserta, saya berpesan agar menggunakan kesempatan berlatih ini walaupun secara Teleconference harus dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan keterampilan secara bersungguh-sungguh serta menggali pengetahuan dan keterampilan, yang dapat memberi pengaruh terhadap perubahan-perubahan mendasar pada kesehatan TNI AL”, ujar Kadiskesal.

Beberapa materi disampaikan para pemapar antara lain tentang Kebijakan Pemerintah pada Penanggulangan Penyakit Infeksi Emerging Tertentu, Higiene Sanitasi Kapal dan Hubungan dengan Faktor Risiko PHEIC, Membangun Komitmen Belajar (building learning commitment), Tatalaksana Manajemen Pelayanan Covid-19, Pemeriksaan Higiene Sanitasi Kapal serta Penugasan Pemeriksaan Higiene Sanitasi Kapal.

Tinggalkan komentar