Gripen F Pertama Brasil Mulai Diproduksi

Jakartagreater.com – Pabrikan Saab sudah memulai produksi pesawat tempur Gripen F dua tempat duduk pertama untuk Angkatan Udara Brasil. Program kerja dimulai oleh perusahaan Saab Swedia dengan pemotongan logam pertama untuk pesawat tempur Gripen F, lansir Air Force Tech.

Kepala Brazilian Air Force Monitoring and Control Group (GAC-Saab), Kolonel Renato Leite mengatakan: “Tonggak ini penting untuk Project Gripen karena ini menunjukkan bahwa fase pengembangan sedang berjalan dengan benar”.

“Ini menandakan awal produksi pesawat dua tempat duduk, Gripen F, yang sangat dinanti-nantikan oleh Angkatan Udara Brasil.”

Gripen F memiliki konfigurasi desain dan fitur yang sama dengan Gripen E, tetapi dilengkapi dengan kursi tambahan, layar dan kontrol untuk pilot kedua. Pesawat dua tempat duduk dapat beroperasi pada mode pelatihan atau mode tempur di mana kedua pilot dapat berbagi beban kerja.

Program manufaktur juga melibatkan perusahaan dari Brazil seperti Embraer, AEL Sistemas, Akaer dan Atech.

Secara keseluruhan, sekitar 400 insinyur ikut terlibat dalam pengembangan Gripen F sementara pekerjaan manufaktur akan dilakukan di Swedia dan juga di Brasil di pabrik Embraer di Gaviao Peixoto.

Pemimpin Saab Aeronautics Jonas Hjelm mengatakan: “Kerja tim yang sangat efektif di antara banyak orang yang berdedikasi, baik di Swedia maupun di Brasil, membuka jalan bagi tonggak sejarah dalam versi baru Gripen ini”.

“Tonggak semacam ini adalah momen istimewa karena kelangkaannya dan itu terasa hebat.”

Perusahaan Swedia telah dikontrak untuk mengirimkan delapan pesawat tempur Gripen F ke Brasil mulai tahun 2023. Saab juga akan memasok 28 pesawat tempur Gripen E dengan pengiriman dijadwalkan mulai tahun depan.

Satu pemikiran pada “Gripen F Pertama Brasil Mulai Diproduksi”

Tinggalkan komentar