Excalibur Army dan PT Pindad Garap Pandur II 8×8

Jakatagreater.com  –  Perusahaan CZECHOSLOVAK GROUP (CSG) memenangkan kontrak penting untuk Angkatan Bersenjata Indonesia. Menyusul kontrak yang diumumkan sebelumnya untuk peluncur roket, amunisi dan pembangunan kendaraan, perusahaan Ceko yang berkoordinasi dengan produsen lokal akan mengirimkan 23 kendaraan lapis baja beroda Pandur II 8X8 ke Indonesia, dirilis situs Czdefence.com, 25-03-2020. Kontrak ditandatangani pada Desember 2019.

EXCALIBUR ARMY, anggota CSG, telah menyelesaikan beberapa proyek yang sukses di Asia Tenggara. Kontrak 2017 untuk kendaraan jembatan Amfibi khusus untuk Angkatan Bersenjata Indonesia senilai miliaran Czech crowns saat ini sedang dilaksanakan. Pengiriman terakhir telah dijadwalkan untuk paruh kedua tahun 2020.

Bekerjasama dengan perusahaan TATRA DEFENSE VEHICLE, EXCALIBUR ARMY sekarang akan mulai memenuhi kontrak baru. Antara 2021 dan 2022, tentara Indonesia akan mendapatkan lebih dari 24 kendaraan lapis baja Amfibi beroda, Pandur II 8×8, yang akan dilengkapi dengan turet oleh perusahaan ARES yang dipersenjatai dengan meriam 30 mm. Nilai kontrak akan bernilai miliaran mahkota Ceko.

Kontrak tersebut diadakan di bawah naungan EXCALIBUR ARMY, yang memiliki jaringan bisnis besar dan telah mencapai beberapa keberhasilan komersial di pasar Indonesia, dan bekerja sama dengan TATRA DEFENSE VEHICLE, produsen sistem tanah Ceko terkemuka dan pemegang lisensi untuk Pandur II 8×8 kendaraan produksi.

Pandur II 8×8. (@ Reise Reise – commons.wikimedia)

Kementerian Pertahanan Ceko, khususnya Departemen Kerjasama Industrinya, memberikan dukungan yang signifikan terhadap proyek tersebut. Perusahaan milik negara Indonesia PT. PINDAD (PERSERO) juga akan berpartisipasi: mitra Indonesia akan menyediakan untuk produksi beberapa bagian teknologi dan akan berpartisipasi dalam perakitan akhir kendaraan.

Dengan prospek memperpanjang kontrak ke ratusan kendaraan, perusahaan Indonesia mungkin akan terlibat lebih intensif dalam produksi kendaraan Pandur II 8×8 di masa depan.

Kontrak untuk memasok Tentara Indonesia dengan Pandurs baru, merupakan keberhasilan komersial signifikan lainnya dari perusahaan induk CSG. Bahkan lebih besar mengingat Angkatan Bersenjata Indonesia telah menerapkan modernisasi kendaraan militer mereka selama beberapa tahun dengan memilih secara hati-hati antara berbagai penawaran dan jenis kendaraan.

Komando Angkatan Darat Indonesia menuntut kendaraan yang terbukti dalam misi tempur, dan idealnya digunakan oleh pasukan NATO. Tentara juga membutuhkan kendaraan dengan mobilitas lintas negara yang baik di medan yang sulit, kemampuan mengambang dan balistik tinggi serta tahan ranjau. Ceko membuat Pandurs II 8×8 telah memenuhi semua kriteria.

ARMY EXCALIBUR telah menyelesaikan beberapa proyek sukses di Asia Tenggara. Di masa lalu, itu mengirimkan peluncur roket Vampire RM-70 bersama dengan dukungan khusus dan kendaraan komando, diproduksi dan dilengkapi dalam kerjasama dengan perusahaan Ceko dan Slovakia lainnya, ke Indonesia.

Perusahaan terus memasok teknologi Rudal dan suku cadang untuk kendaraan darat ke Indonesia, dan juga menyediakan layanan untuk tentara Indonesia dan korps marinirnya.

Selain itu, perusahaan juga menawarkan peralatan tempur dan teknik lainnya dari portofolionya di Asia Tenggara, yaitu kendaraan lapis baja Patriot I dan II 4×4, dan kendaraan jembatan AM-50 EX dan AM-70 EX pada sasis Tatra. Model AM-50 EX telah menemukan pelanggannya, dan dalam kasus AM-70 EX, perwakilan perusahaan telah melakukan beberapa pertemuan dengan pembeli potensial.

7 pemikiran pada “Excalibur Army dan PT Pindad Garap Pandur II 8×8”

Tinggalkan komentar