Kapal OPV Venezuela Tenggelam Ditabrak Kapal Pesiar

Curacao, Venezuela, Jakartagreater.com – Kapal OPV Angkatan Laut Venezuela, GC-23 Naiguata, tenggelam setelah bertabrakan dengan kapal pesiar Resolute, yang berbendera Portugal, lansir Portandterminal.

Insiden itu terjadi pada pagi hari tanggal 30 Maret di barat laut Pulau La Tortuga, Venezuela, Karibia.

Untuk alasan yang masih diselidiki, awalnya kapal patroli pantai Venezuela mendekat untuk memeriksa kapal pesiar Resolute. Sumber-sumber Venezuela mengatakan bahwa kapal pesiar itu menolak berhenti untuk diperiksa oleh kru kapal patroli dan meningkatkan kecepatannya untuk mencoba melarikan diri.

Kapal OPV angkatan laut Venezuela kemudian melakukan manuver untuk mencegah pelayaran kapal pesiar dan ditabrak yang menyebabkannya mengalami kerusakan serius pada kapal dan menenggelamkannya.

Kapal pesiar Resolute, yang dirancang untuk dapat bernavigasi di antara lapisan es dan memiliki lambung yang diperkuat, hanya mengalami kerusakan yang ringan.

Dalam sebuah komunike yang dikeluarkan oleh angkatan laut Venezuela, dinyatakan juga bahwa kapal pesiar Resolute tidak berhenti untuk membantu kapal patroli yang tenggelam.

Menurut juru bicara Angkatan Laut, “ini merupakan tindakan pengecut dan kriminal dengan tidak melakukan penyelamatan awak, melanggar peraturan internasional yang mengatur penyelamatan kehidupan di laut.”

Untungnya, semua 44 awak kapal OPV Naiguata berhasil diselamatkan, rincian detailnya belum diketahui hingga saat ini.

Kapal OPV adalah kapal patroli berkecepatan tinggi yang dirancang khusus untuk misi perlindungan dan pengawasan garis pantai, perlindungan lalu lintas laut, bantuan untuk kapal lain, pemadam kebakaran, perang melawan polusi laut, transportasi, misi pencarian dan penyelamatan.

Kapal OPV memiliki lambung dan superstruktur yang terbuat dari baja. OPV memiliki panjang 79,9 m dan lebar 11,50 m dengan berat 1453 – 1720 ton.

Persenjataan OPV terdiri dari satu meriam Oto Melara 76 mm, 2 cannon 20 mm / 25 dan 2 senapan mesin 12,7 mm.

3 pemikiran pada “Kapal OPV Venezuela Tenggelam Ditabrak Kapal Pesiar”

Tinggalkan komentar