Cara Turki Kalahkan Tank Suriah di Idlib

Jakartagreater.com – Keberhasilan Turki melawan kendaraan lapis baja rezim Suriah selama ‘Operation Spring Shield’ pada bulan Februari dapat dikaitkan dengan penggunaan efektif dari sistem peperangan elektronik (EW – Electronic Warfare) dan pengunaan drone bersenjata ringan yang melumpuhkan tank, kendaraan lapis baja dan sistem pertahanan udara, lansir Defenseworld.

“Kita dapat mengatakan bahwa Spring Shield adalah pertempuran sistem elektronik antara KORAL yang diproduksi ASELSAN dan sistem REDET EW Rusia di samping elemen-elemen kontra EW yang terletak di Pangkalan Udara Hmeymin dan Idlib,” kata Hakan K?l?c, seorang peneliti dan penulis industri penerbangan dan pertahanan militer, yang dikutip oleh surat kabar Daily Sabah yang berbasis di Ankara.

Sistem Turki membutakan sistem radar rezim Assad, dan juga melumpuhkan jaringan komunikasi / radar yang tidak memiliki jaringan komunikasi serat optik di wilayah itu, tambahnya. Operasi Idlib telah menunjukkan bahwa ketika sistem pertahanan udara dan EW dinonaktifkan, bahkan tank berat 50 ton tidak berdaya melawan amunisi ringan.

Selain itu, Turki menyerang Suriah dari wilayah Turki menggunakan pesawat tempur F-16 dan drone tempur Anka-S dan Bayraktar TB2, untuk mematuhi perjanjian Sochi. “Sementara semua orang menekan pertahanan udara musuh dan melakukan misi SEAD dengan jet tempur, kami harus melakukannya dengan drone ANKA-S dan TB-2,” kata K?l?c.

“Amunisi pintar mini MAM-L yang digunakan oleh drone mungkin tidak menghancurkan tank dengan hulu ledak kecilnya, seperti peluru kendali anti-tank, tetapi telah membuat lusinan tank tidak dapat diperbaiki, menetralisir ratusan infantri yang menggunakan banyak kendaraan lapis baja dan sistem SAM , ”Tegas sang ahli itu.

“Kedua drone dapat melawan ancaman EW. Kemampuan Anka-S untuk menyerang dari ketinggian yang sangat tinggi dan jejak penampang radar (RCS) yang kecil TB-2 membantu kami menang melawan tank Suriah yang rentan, ”jelasnya.

Sharing

3 pemikiran pada “Cara Turki Kalahkan Tank Suriah di Idlib”

  1. Konyol… Suriah tidak sedang berperang meawan Turki, justru Turki yang menyerang pasukan Suriah yang sedang memerangi Militan dukungan Turki…
    Jelas perang yang tidak berimbang, dimana Suriah tidak menarget posisi Turki tetapi hanya mempertahankan diri dari serangan Drone yang secara masif dilakukan oleh Turki…. dalam hal ini situasi apapun jelas Suriah dalam posisi yang sulit…
    Cerdik jika posisi Turki sedang berperang melawan Suriah, sedangkan dalam kasus ini jelas Turki melakukan pelanggaran dengan menyerang posisi pasukan Suriah yang sedang memerangi militan diwilayah negaranya… Apa yang dilakukanTurki sama dengan apa yang dilakukan Israel…

  2. Bahkan jk turki banyak menghancurkan tank suriah tank milik pemerintah turki yg harganya lbh mahal banyak dihancurkan pemberontak kurdi ataupun isis tanpa menggunakan jet tempur ataupun drone yg berharga mahal melainkan hanya dgn menggunakan atgm ataupun IED .

Tinggalkan komentar