India akan Kirimkan Kapal Selam ke Myanmar

Jakartagreater.com – New Delhi sedang mempersiapkan untuk mengirimkan kapal selam diesel elektrik Kilo class yang beroperasi dengan Angkatan Laut India sebagai INS Sindhuvir ke Angkatan Laut Myanmar, lansir Jane’s.

Transfer ini juga akan mencakup pelatihan operasional dan pemeliharaan untuk Angkatan Laut Myanmar, yang akan mengoperasikan kapal selam untuk pertama kalinya. Namun, tidak jelas apakah ini merupakan kapal selam sewa atau transfer permanen.

Sindhuvir ditugaskan ke Angkatan Laut India pada tahun 1988 dan dalam pelayanan sebagai bagian dari skuadron kapal selam ke-11, yang berbasis di Vishakhapatnam. Kapal selam sudah menyelesaikan reparasi di Hindustan Shipyard Ltd dari Agustus 2017 hingga Februari 2020.

Apabila India menyerahkan satu kapal selam Kilo class ke Myanmar, India kini hanya memiliki 8 kapal selam Type Sindhughosh (Kilo class) yang mulai di akusisi dari Rusia dari tahun 1986 hingga 2000.

Sebelumnya India memiliki sepuluh kapal selam Type Sindhughosh , tetapi satu kapal selam yang bernama INS “Sindhurakshak” tenggelam setelah ledakan tragis pada Agustus 2013.

Sharing

Tinggalkan komentar