Kapal Coast Guard Terbesar Filipina Diterjunkan Atasi Virus Corona

Jakartagreater.com – Kapal patroli terbesar dan terbaru milik Philippine Coast Guard (PCG) yang dibangun di Prancis, BRP Gabriela Silang tiba ke Filipina pada 7 April, lansir Mintfo.

“BRP Gabriela Silang (OPV-8301) atau kapal terbaru dan terbesar milik Philippine Coast Guard, telah tiba di Filipina,” kata PCG.

Philippine Coast Guard akan menggunakan OPV sebagai kapal angkut di tengah upaya pencegahan virus COVID-19 oleh pemerintah, namun menjadikannya sebagai kapal karantina juga merupakan suatu kemungkinan.

“Menyusul ancaman virus COVID-19, kapal ini akan digunakan untuk mengangkut pasokan medis, baju APD, obat-obatan, serta garis depan seperti pekerja medis ke rumah sakit di seluruh negeri,” kata Philippine Coast Guard.

BRP Gabriela Silang (OPV-8301) adalah kapal patroli lepas pantai milik pasukan Coast Guard Filipina. Dibangun oleh OCEA Shipbuilding dari Les Sables-d’Olonne, Prancis. Nama Gabriela Silang, diambil dari pemimpin revolusioner selama perjuangan kemerdekaan Filipina dari Spanyol, desain kapal ini didasarkan pada kapal patroli lepas pantai OPV-270 Mk II. Kapal patroli lepas pantai dan Coast Guard ini tercatat yang terbesar dan paling modern milik Filipina.

Kapal Cost Guard dengan 44 awak ini memiliki panjang 84 m, dengan kecepatan ekonomis 12 knot, dan kecepatan maksimum 22 knot (41 km / jam). Kapal memiliki jangkauan operasi hingga 8.000 mil laut (14.800 km) dengan daya tahan 30-45 Hari.

Kapal cost guard dilengkapi dengan 2 perahu RHIB dan dilengkpai dengan fasilitas hanggar dan dek untuk pendaratan helikopter medium seberat 10 ton.

Sharing

Tinggalkan komentar