Kapal Selam Ouryu Dilengkapi Baterai Lithium-Ion

Jakartagreater.com – Pasukan Maritime Self-Defense Jepang mengumumkan pada 8 April bahwa kapal selam Soryu class yang baru, JS OURYU (SS-511), tiba di pangkalan Kure, prefektur Hiroshima, lansir Defenseblog.

OURYU adalah kapal selam Jepang terbaru, serta kapal selam bertenaga baterai lithium-ion pertama di dunia. Kapal selam akan melakukan misi pengawasan di seluruh Jepang.

Baterai lithium-ion memiliki kapasitas penyimpanan hampir dua kali lipat daripada baterai lead-acid lawas. Dengan ukuran yang lebih ringan dan kecil daripada baterai AIP Sterling lawas ( berbeda hingga beberapa ratus ton beratnya) menjadikan baterai lithium-ion tidak banyak menghabiskan ruang penyimpanan, sehingga masih banyak tersisa ruang di dalam lambung kapal selam.

Dengan baterai lithium-ion baru yang lebih kuat, semakin meningkatkan daya tahan penyelaman bawah air secara signifikan dan akan memberikan keuntungan lebih besar dibandingkan kemampuan pengisian ulang yang lambat dari sistem AIP.

Ouryu adalah kapal selam Soryu class keenam yang akan dibangun oleh Mitsubishi Heavy Industries, dengan panjang 84 meter dan berat 2950 ton, yang dioperasikan oleh 65 personel dan membawa persenjataan hingga 30 torpedo kelas berat 21inci.

Ouryu diresmikan pada Juni 2018, dan baru dioperasikan beberapa waktu lalu.

Sharing

Tinggalkan komentar