15 Fakta Yang Jarang Diketahui Tentang F-22 Raptor

Jakartagreater.com – F-22 Raptor terkenal sebagai pesawat tempur generasi-5 pertama dalam inventaris Angkatan Udara AS. F-22 sangat mengesankan karena dilengkapi fitur avionik modern, teknologi stealth, dan mesin yang efisien yang membuatnya menjadi pesawat tempur yang tak tertandingi oleh militer modern negara lain hingga saat ini, lansir Hotcars.

F-22 adalah komponen paling penting dari Global Strike Task Force dan telah diciptakan untuk mencapai proyeksi dominasi udara, pada jarak yang jauh dan kecepatan tinggi, dan menghancurkan segala ancaman yang mencoba menghalangi akses ke Angkatan Darat, Angkatan Laut, Korps Marinir, dan Angkatan Udara Amerika Serikat.

Tidak ada pesawat tempur di seluruh dunia yang dapat menandingi F-22, memberikan AS kekuatan yang hebat dan istimewa dalam persediaan persenjataannya.

Berikut adalah 15 fakta yang jarang diketahui orang tentang F-22 Raptor:

Weapon bay sisi samping F-22 (foto : Youtube)

15. Senjata Rudal Dua kali Lebih banyak

F-35 dapat membawa sekitar 2.5 ton bom dan rudal. Di sisi lain, F-22 mampu membawa beban senjata lebih dari dua kali lipat. Oleh karena itu, F-22 tidak hanya memiliki fitur tempur yang luar biasa, tetapi juga ideal untuk melakukan misi tempur selama masa konflik karena semua senjata dapat dibawanya.

Aksi manuver F-22 (foto : Military.com)

14. Mesin dengan Thrust Vectoring

Fakta bahwa F-22 dilengkapi mesin Thrust Vectoring hanyalah salah satu dari beberapa hal yang menjadikannya aset yang luar biasa bagi AS. Thrust-vectoring nozzles ditambahkan oleh tim insinyur yang dipimpin Lockheed pada F-22 untuk mencapai tingkat kemampuan manuver yang luar biasa.

13. Pesawat Tempur Generasi ke-5 Pertama AS

Ada kabar yang beredar bahwa AS sedang mempertimbangkan untuk memproduksi sejumlah besar F-22 dari waktu ke waktu, karena ini adalah pesawat tempur terbaik yang mereka miliki. Bagaimanapun, F-22 adalah pesawat tempur generasi ke-5 pertama dan sampai hari ini, satu-satunya yang operasional. Untuk saat ini, AS tidak perlu khawatir.

blank
F-22 Raptor (foto : Rob Shenk – Wikipedia)

12. Berumur 30 tahun

F-22 Raptor telah dirancang untuk masa pakai 30 tahun dan 8.000 jam penerbangan, di samping “program retrofit struktur” senilai US$ 100 juta. Ada pekerjaan yang dilakukan untuk menemukan cara untuk memperpanjang umur F-22, dan dalam jangka panjang, F-22 kemungkinan akan digantikan oleh jet tempur generasi keenam.

11. Jet Tempur Termahal

F-22 adalah pesawat tempur paling mahal di Amerika serikat, dan termahal juga di seluruh dunia juga. Namun, harga US$ 150 juta per Raptor tidak mengherankan mengingat bahwa F-22 adalah revolusioner sejak awal dan salah satu kemajuan teknologi penerbangan terbesar yang pernah ada.

blank
Ufterburner pada F-22 Raptor (foto : WallpaperUp)

10. Kecepatan Mach 1,82

Kecepatan maksimum F-22 Raptor tanpa bahan bakar eksternal diukur sekitar Mach 1,82 selama penerbangan supercruise, dan diperkirakan lebih tinggi dari Mach 2 dengan menghidupkan ufterburner. F-22 juga sangat mudah untuk bermanuver pada kecepatan supersonik dan kecepatan subsonik.

blank
Muatan senjata yang besar pada F-22 (foto : Defense Update)


9. Muatan Senjata yang Besar

F-22 dapat membawa senjata dalam jumlah besar karena memiliki empat cantelan di sayap, yang semuanya dapat membawa sekitar 2.2 ton dan mampu memegang tangki bahan bakar eksternal atau rudal AIM-120A AMRAAM. F-22 dilengkapi dengan tiga ruang senjata internal, dan ruang senjata utama dapat membawa senjata dalam jumlah besar.

8. Misi Tempur Pertama: 2014

Pada tanggal 23 September 2014, F-22 melakukan misi tempur pertamanya dengan menyerang target darat ISIS di Suriah. Itu adalah misi yang memperlihatkan kepada semua orang tentang kemampuan F-22 yang memiliki senjata yang begitu kuat.

blank
F-22 jatuhkan bom (GBU)-32 JDAM (foto : Wikipedia)


7. Biaya Operasional Per Jam

Biaya operasi terbang dari Lockheed Martin F-22 Raptor adalah US$ 68,362 per jam. Meskipun itu angka yang cukup besar, itu tidak mengejutkan mengingat potensi dari si Raptor, dan kebutuhan bahan bakar yang besar harus disediakan agar tetap menjadi yang terbaik.

6. Tidak di Ekspor

F-22 tidak dapat diekspor keluar dari AS sesuai dengan hukum federal AS dalam upaya untuk melindungi teknologi siluman dan fitur rahasianya. Laporan telah menyatakan bahwa Jepang telah mencoba untuk membeli F-22 karena akan membutuhkan lebih sedikit pesawat tempur untuk dirinya sendiri jika memiliki F-22.

blank
F-22 Raptor tidak untuk dijual (foto : Wikipedia)


5. Kill Ratio 108: 0

Dengan rasio pembunuhan 108: 0, memperlihatkan kehebatan dari F-22. Menurut laporan saat Latihan Northern Edge 2016, F-22 harus bertarung dengan F-15 dan menjadi yang teratas dengan rasio pembunuhan 108: 0.
3. Sekecil Lebah di radar

Karena sayap utama dan sayap belakang F-22 sejajar dengan tepat, ia tampak sekecil lebah di radar. Itu membuatnya sangat kecil dan sulit ditangkap, namun, itu tidak terlihat. Menurut China, mereka telah menghasilkan teknologi yang memungkinkan mereka melacak F-22 dengan mudah.

blank
Dogfight F-22 dengan F-15 (foto : Bussines Insider)

3. Multirole dengan Air Superiority

F-22 Raptor berfungsi sebagai pengganti F-16 Fighting Falcon dan F-15 Eagle, oleh karena itu F-22 mampu melakukan pertempuran udara ke darat dan udara ke udara. Namun, beberapa orang mungkin berpendapat bahwa kekuatan terbaik dari F-22 terletak pada keunggulan udara ke udara.

2. 1,7 Juta Lines Of Code

Perangkat lunak F-22 terdiri dari sekitar 1,7 juta baris kode, yang sebagian besar terkait dengan pemrosesan data radar. Menurut Former Secretary USAF (Michael Wynne), penggunaan air sovereignty alert (Asa) DOD harus disalahkan atas keterlambatan dan pembengkakan biaya pada F-22.

blank
Kokpit F-22 (foto : Military Machine)

1.Kokpit yang Unik

Fakta paling penting bagi seorang pilot, karena F-22 memiliki kokpit unik yang dihiasi dengan teknologi yang sedang tren. Kokpit dilengkapi sistem pendukung kehidupan yang ditingkatkan dan merupakan kokpit pertama yang kompatibel dengan Night Vision Goggles basic. Terakhir, kokpit menggunakan Helmet Mounted System, memastikan bahwa pilot dapat fokus secara konsisten

Sharing

Tinggalkan komentar