F-22 Raptor Cegat Pesawat Pengintai Rusia di Alaska

Jakartagreater.com – Pesawat tempur Angkatan Udara AS mencegat dua pesawat patroli Rusia di dekat Alaska pada hari Rabu, lansir North American Aerospace Defense Command (NORAD).

Pesawat siluman F-22 Raptors AS “mencegat dua pesawat IL-38 Rusia yang memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara Alaska,” kata NORAD melalui beberapa pos ke Twitter pada hari Kamis, lansir The Hill.

NORAD mengatakan pesawat pengintai maritim Rusia – yang digunakan untuk berburu kapal selam – dicegat di Laut Bering, utara Kepulauan Aleut, dan tidak memasuki wilayah udara kedaulatan Amerika Serikat atau Kanada.

“Ada COVID-19 atau tidak, NORAD terus secara aktif mengawasi ancaman dan membela AS selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 365 hari setahun,” kata Komandan NORAD Jenderal Terrence O’Hhaughnessy dalam posting tersebut.

O`Shaughnessy pada hari Kamis di “Fox & Friends” mengatakan pesawat Rusia terbang dalam jarak 50 mil dari pantai Alaska, menambahkan bahwa Moskow “ingin melihat apakah kami dapat bereaksi.”

Rusia berulang kali menerbangkan pesawat pengintai serta patroli pesawat pembom di dekat Alaska – dengan 48 patroli tersebut dilakukan pada tahun 2019 – yang kadang-kadang dicegat oleh Amerika Serikat.

Contoh terbaru adalah pada awal bulan Maret, ketika jet tempur Angkatan Udara AS dan Royal Kanada mencegat dua pesawat Tu-142 Rusia.

Sharing

Tinggalkan komentar