Mesir Terima Kapal Selam Ketiga dari Jerman

Jakartagreater.com – Mesir telah menerima kapal selam diesel elektrik Type 209/1400 ketiga dari Jerman, ungkap militer Mesir beberapa hari lalu.

Juru bicara militer Mesir, Tamer Al-Refai, mengumumkan di Facebook bahwa kapal selam itu adalah yang ketiga dari total empat kapal selam, sebagai bagian dari kesepakatan yang ditandatangani antara kedua negara pada tahun 2014 untuk mendukung kemampuan Angkatan Laut Mesir, lansir Midlle East Monitor.

Al-Refai menambahkan bahwa kapal selam itu diserahkan ke Mesir di pelabuhan Kiel Jerman, setelah awak kapal selam dan teknisi khusus menyelesaikan pelatihan simultan di Mesir dan Jerman dalam waktu singkat.

Diproduksi oleh perusahaan Jerman – ThyssenKrupp Marine Systems, kapal selam diesel elektrik memiliki panjang 64,3 meter dan memiliki kecepatan terendam 22,5 knot dan jangkauan terendam 400 mil laut, dengan kecepatan empat knot. Kapal selam Type 209/1400 ini mampu menembakkan rudal terhadap target darat dan laut.

Kairo pertama kali menandatangani perjanjian dengan Berlin untuk membeli dua kapal selam Tipe 209 buatan Jerman pada tahun 2011, tetapi memesan dua lagi pada tahun 2014 – kapal selam pertama, S41 diserahkan pada bulan Desember 2016 dan yang kedua, S42 diserahkan pada bulan Agustus 2017.

Menurut Al-Refai, kapal selam Jerman menjadi bagian penting dari strategi militer Mesir dan mampu beroperasi di berbagai lingkungan laut.

Sharing

Tinggalkan komentar