China Konfirmasi Terbakarnya Kapal Serbu Amfibi Type-075

Jakartagreater.com – Kapal serbu amfibi Type 075 pertama China (juga disebut kapal induk helikopter) terbakar pada hari Sabtu di Galangan Kapal Hudong Zhonghua di Shanghai tetapi kerusakannya dilaporkan tidak ‘signifikan’.

Pakar angkatan laut yang berbasis di Beijing, Li Jie, dikutip oleh Global Times, Sabtu, mengatakan asap terkonsentrasi di daerah tengah dan belakang kapal. Dilihat dari foto, penyebab kebakaran kemungkinan adalah masalah dengan sumber daya dan sistem mekanis, percikan bisa juga disebabkan oleh pengelasan listrik, api di dapur atau beberapa bahan yang mudah terbakar di dek, lansir Defenseworld.

Menilai dari ketebalan asapnya, api dapat dikendalikan dengan cepat, dan karena tidak ada api terbuka yang terlihat, api seharusnya dipadamkan dengan sangat cepat, kata Li.

Seorang pakar di industri pembuatan kapal mengatakan bahwa asap tebal mengindikasikan respon darurat cepat. “Meskipun asap tebal terlihat di kapal, kecelakaan itu tidak signifikan dan tidak akan berdampak besar pada konstruksi kapal lebih lanjut,” tulis Global Times-media milik negara yang mengutip dari ‘sumber yang tahu.’

Foto-foto yang beredar di internet menunjukkan bahwa buritan kapal serbu amfibi Type 075 dihitamkan oleh api, dan video-video tertentu menunjukkan bahwa ada api di buritan, dan kolom asap mengepul oleh angin, tulis publikasi itu.

Kapal Type 075 pertama Angkatan Laut People’s Liberation Army (PLA) itu masih dalam pembangunan. Menurut rencana, kapal akan melakukan uji kalibrasi peralatan, uji dermaga dan sea trial.

Sejalan dengan aturan umum, proses pengujian setelah peluncuran kapal masih di bawah tanggung jawab perusahaan galangan kapal, bukan angkatan laut, kata laporan itu.

Sharing

Tinggalkan komentar