Vietnam Overhaul Kapal Selam Mini Yugo Class

Jakartagreater.com – Salah satu dari dua kapal selam mini Yugo class buatan Korea Utara bersiap untuk dirombak oleh Vietnam. Kapal selam itu termasuk dalam Resimen Komando Kapal Selam ke-196 Angkatan Laut Rakyat Vietnam, lansir Vietdefense.

Pada tahun 1990-an, Korea Utara yang kelaparan menawarkan kapal selam ke Vietnam dengan imbalan beras Vietnam. Penjualan itu kemungkinan juga mencakup persenjataannya yang terdiri dari16 torpedo, 282 daya baterai dan 8 ranjau.

Selain mampu melakukan serangan dalam skala terbatas, kapal selam mini Yugo class juga memungkinkan pasukan komando Vietnam untuk menyusup ke garis pantai musuh dan melakukan pengintaian atau sabotase, sebagaimana sering dilakukan oleh agen rahasia Korea Utara yang melakukan penyusupan ke Korea Selatan.

Pada tahun 1998, kapal selam mini Yugo Korea Utara terjebak jaring kapal nelayan Korea Selatan, yang kemudian ditarik ke pangkalan angkatan laut Korea Selatan.

Setelah berhasil membuka pintu palkanya, didalamnya ditemukan pemandangan yang mengerikan: lima awak kapal selam dan empat agen Korea Utara ditemukan mati dengan luka tembak.

Para kru kapal selam kemungkinan telah dibunuh oleh para agen, yang kemudian melakukan bunuh diri. Kapal selam terjerat dalam jaring kapal nelayan saat melakukan perjalanan pulang ke Korea Utara, setelah mengambil sebuah kelompok agen yang telah menyelesaikan misi di daratan Korea Selatan.

Sharing

Tinggalkan komentar