Swedia Ingin Pasok Dua Kapal Selam Bekas Sodermanland class ke Polandia

Jakartagreater.com – Pemerintah Swedia telah meminta persetujuan Parlemen agar bisa menjual dua kapal selam A17 Sodermanland class bekas Angkatan Laut Swedia ke Polandia, lansir Defenseworld.

Ini diungkapkan dalam dokumen pemerintah Swedia sebagai bagian dari anggaran 2020. Negosiasi terkait keuangan dan teknis akan dilakukan setelah mendapat persetujuan dari Parlemen Swedia.

Laporan dari kesepakatan penjualan dua kapal selam bekas muncul sejak pertengahan tahun 2019 ketika Wakil Menteri Pertahanan Polandia Pawel Wozny mengunjungi Swedia, lapor situs Defence24.pl.

Akuisisi kapal selam bekas akan mengisi celah kekuatan kapal selam sampai program pengadaan kapal selam generasi terbaru Orka diselesaikan oleh Polandia.

Angkatan Laut Swedia memiliki dua kapal selam diesel elektrik Sodermanland class. Kapal selam ini memiliki panjang 60,5 meter dengan beam selebar 6,1 meter dan dapat menempuh kecepatan hingga 20 knot saat terendam. Sistem persenjataannya terdiri dari enam tabung torpedo torpedo 533mm dan tiga tabung torpedo 400mm.

Saat ini Polandia mengoperasikan satu kapal selam Kilo class buatan akhir 1980-an, dan dua kapal selam Kobben yang jauh lebih tua dan perlu diganti.

Saab Kockum Swedia juga berlomba untuk memasok Polandia dengan kapal selam A26 class di bawah program Orka yang diperkirakan menelan biaya 10 miliar zloty (US$ 2,6 miliar). Penawar lain adalah Grup Naval Prancis yang menawarkan kapal selam Scorpene class dan ThyssenKrupp Marine Systems Jerman mengajukan penawaran untuk kapal selam Type-212CD class.

Sharing

Tinggalkan komentar