Su-35 Rusia Lakukan Intersep “Tidak Aman” pada Poseidon AS

Jakartagreater.com – Angkatan Laut Amerika Serikat menyatakan bahwa pesawat Amerika dicegat oleh pesawat tempur Su-35 Rusia dalam sebuah manuver yang “tidak aman”, lansir WashintonExaminer.com.

Pencegatan yang berlangsung sekitar 42 menit, terjadi hari Rabu di wilayah udara internasional di atas Laut Mediterania, kata Armada ke-6 Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataan.

Militer mengatakan bahwa pesawat P-8A Poseidon AS dicegat oleh pesawat tempur Rusia, yang dianggap melakukan gerakan “tidak aman” karena Su-35 melakukan “manuver terbang terbalik berkecepatan tinggi” hanya berjarak 7,5 meter di depan pesawat AS.

Angkatan Laut mengatakan pesawat Poseidon AS tidak memprovokasi Rusia dan beroperasi secara sah sebelum terjadinya intersepsi.

“Ketika pesawat Rusia beroperasi di wilayah udara internasional, interaksi ini tidak bertanggung jawab. Kami berharap mereka berperilaku dalam standar internasional yang ditetapkan untuk memastikan keselamatan dan untuk mencegah insiden, ”bunyi pernyataan itu.

“Tindakan tidak aman meningkatkan risiko kesalahan perhitungan dan potensi tabrakan di udara,” lanjutnya.

Insiden itu terjadi pada hari yang sama ketika sekitar selusin kapal boat angkatan laut Iran secara agresif mendekati sekelompok pasukan Angkatan Laut Amerika Serikat di Teluk Arab.

Sharing

Tinggalkan komentar