KRI Sampari-628 Latihan Pencarian, Penyergapan dan Pembebasan Kapal

Makassar, Jakartagreater.com  –   Prajurit KRI Sampari-628 melakukian latihan kemampuan pencarian, penyergapan dan pembebasan kapal atau lazim disebut VBSS (Visit, Boarding, Search and Seizure). Latihan berlangsung di Dermaga Layang Lantamal VI Makassar, Rabu 15-4-2020 di tengah keterbatasan, akibat wabah Covid-19, dirilis Dinas Penerangan Koarmada II.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus global tersebut, latihan VBSS berjalan lancar dan aman dengan bimbingan instruktur handal dari tim Satkopaska Koarmada II yang ikut onboard di KRI Sampari, sebagai bagian dari Satgas Operasi Siaga Tempur Laut dibawah kendali operasi Guspurla Koarmada II.

Latihan ini dibagi ke dalam 2 tahap yaitu tahap darat dan tahap laut. Untuk tahap darat, menurut Komandan KRI Sampari-628 Letkol Laut (P) Haprabu Wirasetyo, berisikan tentang teori dan drill atau latihan kering yang dilaksanakan di dermaga.

dok. KRI Sampari

“Kemudian dilanjutkan dengan tahap laut yang dilaksanakan sesuai dengan tahapan VBSS yaitu manuver, boarding di KAL Mamuju, pencarian di area of interest sampai dengan proses penyergapan,” kata Letkol Laut (P) Haprabu Wirasetyo.

“Kemampuan dan naluri prajurit harus tetap kita jaga, asah dan tingkatkan di tengah pandemi corona yang membatasi pergerakan kita. Dengan tujuan agar kapanpun dan dimanapun kita akan selalu siap melaksanakan tugas yang diberikan. More sweat today, less blood tomorrow,“ ujar Komandan KRI Sampari-628 Letkol Laut (P) Haprabu Wirasetyo usai latihan.

Sharing

Tinggalkan komentar