Cara Kerja Torpedo dalam Pertempuran yang Sesungguhnya

Jakartagreater.comĀ  – Pensiunan US Navy yang berkecimpung di bidang Sonar, memasukkan Torpedo Rusia ke dalam Torpedo yang terbaik di kelasnya. Pakar Angkatan Laut itu menjelaskan bahwa pertempuran laut yang sesungguhnya, terutama di antara kapal selam, jarang terlihat seperti di film-film, karena kru seringkali hanya memiliki waktu beberapa detik untuk menghindari Torpedo modern yang masuk.

Pensiunan sonarman kapal selam Angkatan Laut AS, Aaron Amick, berbagi informsi dalam sebuah wawancara dengan outlet media online The Drive bahwa Torpedo modern telah membuat langkah besar ke depan dalam hal teknologi, jangkauan efektif, kecepatan, dan daya gempur yang mematikan sejak akhir Perang Dingin, dirilis Sputniknews.com, Kamis 16-4-2020.

Dia menyebut UGST “Fizik” Rusia (bahasa Rusia untuk fisikawan) sebagai salah satu wakil terbaik dari senjata Angkatan Laut modern, bersama dengan “Spearfish” Inggris, SeaHake Mod 4 Jerman, dan F21 Prancis.

“Berkecepatan tinggi, mematikan, jangkauan jarak jauh, dan sulitdideteksi membuat serangan Torpedo modern, memiliki keuntungan signifikan atas senjata laut lainnya,” kata pakar militer itu.

Amick mencatat bahwa upaya panjang dan mendebarkan oleh kapal selam untuk menghindari Torpedo musuh, seperti yang sering digambarkan dalam film, tidak mewakili realitas peperangan modern, karena kru sering kali hanya memiliki waktu yang sangat terbatas untuk bereaksi terhadap ancaman yang masuk.

Dia menjelaskan bahwa sebagian besar senjata ini tidak terdeteksi oleh radar kapal selam, kecuali jika mereka menggunakan deteksi sonar aktif untuk target mereka.

Beberapa Torpedo terbaik dunia, seperti “Kit” Rusia 65-76A (bahasa Rusia untuk ikan paus), mampu mengejar target mereka selama lebih dari satu jam pada jarak lebih dari 100 kilometer dan dengan kecepatan hingga 50 knot (92,6 kilometer per jam) ) jika perlu, catat Amick.

Lembaga Gydropribor Rusia yang mengembangkan Kit menyebutkan bahwa Torpedo merupakan salah satu yang paling kuat di dunia dan bahkan mampu menenggelamkan kapal induk secara sendirian. Amick mencatat hal itu dimungkinkan dan mungkin diperlukan lebih dari satu Kit Torpedo.

“(Kemampuan Torpedo) membuat penghindaran menjadi urusan yang sangat memakan waktu dan memungkinkan memberikan waktu bagi kapal selam yang menyerang untuk menghindar dan menyerang kembali. Memang ada cara untuk secara aktif mengalahkan Torpedo homing (seperti 65-76A), tetapi jika disalvo oleh senjata seperti itu, maka senjata itu merupakan pencabut nyawa “, ujar purnawirawan tersebut menyimpulkan.

Sharing

5 pemikiran pada “Cara Kerja Torpedo dalam Pertempuran yang Sesungguhnya”

Tinggalkan komentar