Selesai Diperbaiki, Kapal Selam Scorpene Malaysia Siap Beroperasi

Jakartagreater.com – Kapal selam Scorpene kedua Royal Malaysian Navy (RMN) yang diberi nama KD Tun Razak telah kembali beroperasi setelah menjalani program reparasi di dalam negeri selama 18 bulan, lansir Jane’s.

Dalam sebuah video yang dirilis pada 16 April oleh RMN, memperlihatkan KD Tun Razak melakukan operasi di lokasi yang dirahasiakan, dengan personelnya ditampilkan mengenakan masker wajah, mungkin sebagai tindakan pencegahan terhadap penyebaran virus corona Covid-19. Sebuah keterangan dalam video menyatakan bahwa kapal selam RMN “berpatroli di perairan Malaysia”.

RMN tidak memberikan rincian lebih lanjut dalam video tersebut, tetapi sebuah sumber militer mengatakan kepada Jane bahwa kapal selam itu, yang ditugaskan pada Oktober 2009, telah melakukan uji coba laut sejak akhir tahun 2019 setelah selesainya perbaikan yang dilakukan oleh Boustead DCNS Naval Corporation (BDNC): perusahaan patungan antara Malaysian naval engineering group Boustead Heavy Industries Corporation dan pembuat kapal Prancis, DCNS (sekarang disebut Naval Group).

Angkatan Laut Malaysia sebelumnya pernah menerbitkan video serupa pada Mei 2018 tak lama setelah kapal selam pertama KD Tunku Abdul Rahman kembali ke layanan setelah melakukan reparasi serupa. Kapal selam Scorpene pertama yang ditugaskan pada Januari 2009, telah direparasi oleh BDNC, yang juga menyediakan layanan dan dukungan terintegrasi untuk kedua kapal selam pada bulan November 2015.

Seperti halnya Tun Razak, pekerjaan mereparasi pada kapal selam Scorpene pertama dilakukan di fasilitas di pangkalan Angkatan Laut Sepanggar di Kota Kinabalu, yang terletak di negara bagian Sabah di bagian Malaysia di pulau Kalimantan dan merupakan tempat keduanya kapal selam bermarkas.

Sharing

Satu pemikiran pada “Selesai Diperbaiki, Kapal Selam Scorpene Malaysia Siap Beroperasi”

Tinggalkan komentar