MiG-31 Halau F-16 NATO yang Dekati Bomber Rusia

Jakartagreater.com – Pertemuan antara pesawat-pesawat tempur Rusia dan NATO terlihat semakin meningkat beberapa tahun ini, terutama setelah terjadinya krisis Ukraina ditahun 2014, lansir Sputnik.

Sejak penumpukan lebih banyak pasukan Barat di dekat perbatasan barat Rusia ,dan semakin meningkatnya pengintaian dan latihan pengeboman di lepas pantai Baltik dan Laut Hitam, menjadikan pertemuan antara pesawat tempur Rusia dan NATO juga semakin meningkat.

Terlihat dalam video, yang diunggah seorang mantan pilot pesawat tempur Angkatan Udara Rusia memperlihatkan pesawat tempur supersonik MiG-31 Rusia yang mengawal pembom strategis Tu-95MS berhadapan dengan pesawat tempur F-16 milik NATO.

Video yang difilmkan dari dalam kokpit MiG-31, memperlihatkan pilot MiG-31 mendekati jet tempur F-16 NATO, melambaikan tangan dan memberi isyarat jempol, dengan hati-hati menempatkan pesawatnya di antara F-16 dan Tu-95MS yang dikawal. Pesawat NATO kemudian terlihat mulai membelok ke kanan, menjauhi pesawat pembom dan pesawat tempur Rusia.

Pengunggah video tidak memberikan kapan atau di mana peristiwa pertemuan itu terjadi.

Pertemuan udara antara jet Rusia dan NATO telah menjadi kejadian biasa dalam beberapa tahun terakhir, dengan statistik antara satu sampai dua lusin jet tempur Barat mendekati perbatasan Rusia setiap minggu.

Pada tahun 2018, pasukan pertahanan udara Rusia melaporkan pelacakan hampir 3.000 pesawat militer asing di dekat perbatasannya. Angkatan udara meluncurkan jet tempur untuk mencegat pesawat pembom asing, pesawat pengintai dan drone jika terbang terlalu dekat.

Dikembangkan selama Perang Dingin, MiG-31 adalah pesawat pencegat supersonik generasi 4 yang mampu meningkatkan kecepatan hingga 2.500 km per jam. Sedangkan F-16 adalah pesawat tempur multi-misi generasi 4 AS yang dapat dipersenjatai dengan berbagai senjata udara-ke-udara dan udara-ke-darat, dan memiliki kecepatan tertinggi 2.120 km per jam, dan berfungsi sebagai tulang punggung banyak militer anggota NATO.

Sharing

2 pemikiran pada “MiG-31 Halau F-16 NATO yang Dekati Bomber Rusia”

  1. Cukup F-16 yg hadir…blm lama ini kembali F-16 menghalau SU24,SU27 dan SU30.. sekarang ini Mig 31 dan Bomber TU ….
    Semua negara eks pakta Warsawa dan pecahan uni Soviet serta pecahan Yugoslavia ikut NATO…..Yang ikut Rusia sekarang cuman ente Rusia Oke…kwkwkwkw…..

Tinggalkan komentar