Mengenal Helikopter Intai-Tempur Shahed 285 Iran

Jakartagreater.com – Helikopter serang ringan Shahed 285 mulai diresmikan penerbangannya pada 24 Mei 2009. Shahed 285 dibangun menggunakan desain komposit Shahed-278, yang merupakan helikopter ringan dengan bobot standar 682 kg. Shahed 285 berkursi tunggal dan dirancang murni sebagai helikopter serang, lansir ArabianAerospace.

Helikopter Shahed 285 diproduksi dalam dua versi – sebagai helikopter intai / serangan darat jarak dekat dan helikopter patroli maritim / anti-kapal permukaan.

Helikopter segala cuaca ini, konon 100% merupakan buatan dalam negeri Iran,dan diklaim memiliki desain aerodinamis yang apik dan mampu lepas landas dalam kondisi yang buruk, dengan rotor dan kabinnya terbuat dari bahan komposit canggih.

Dibandingkan dengan helikopter multi-misi Kiowa OH-58 Amerika Serikat, yang mempertahankan basic desain Bell 206, Shahed 285 adalah helikopter berkursi tunggal dengan desain badan yang lebih tipis, tetapi tetap mempertahankan struktur ekor dan mesin yang sama dengan helikopter Bell 206.

Helikopter serang ringan Shahed 285 (foto : FB Military Zone)

Helikopter Shahed 285 memiliki jangkauan 800 km dan daya tahan operasi sekitar lima jam, untuk versi serangan darat menggunakan cat kamuflase warna gurun, sedangkan untuk operasi maritim menggunakan skema warna biru muda seperti laut.

Untuk varian serangn darat, Shahed 285 dilengkapi dengan senapan mesin, roket curah, rudal anti-tank, rudal udara-ke-udara dan rudal udara-ke-permukaan.

Sedangkan untuk versi maritim, Shahed 285 dipersenjatai dua macam senjata, yakni rudal anti-kapal yang dikenal sebagai Kosar, yang berbobot 120kg dan memiliki jangkauan sekitar 25 km yang dipasang di setiap sisi helikopter, satunya lagi adalah roket SADID 1, dengan empat roket di setiap sisi, yang diklaim memiliki jangkauan 10 km.

Sharing

4 pemikiran pada “Mengenal Helikopter Intai-Tempur Shahed 285 Iran”

Tinggalkan komentar