F-16 Maroko Akan Dilengkapi Rudal Anti Kapal AGM-84L Harpoon

Jakartagreater.com – Maroko akan melengkapi pesawat tempur F-16 dengan rudal anti kapal. Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui potensi penjualan rudal anti-kapal AGM-84L Harpoon Block II ke Maroko. Rudal anti kapal varian peluncuran dari udara ini akan melengkapi pesawat tempur F-16C / D Maroko, lansir Defense24.

AS kemungkinan akan mengijinkan penjualan kepada Maroko di bawah FMS hingga 10 rudal dengan jumlah hingga US$ 62 juta. Selain rudal, persetujuan itu juga termasuk wadah kontainer untuk membawa rudal, suku cadang, peralatan pengujian, dokumentasi teknis, pelatihan, peralatan pelatihan dan dukungan logistik.

Menurut sebuah dokumen yang diterbitkan oleh AS, Maroko berencana untuk menggunakan rudal pada pesawat tempur F-16 untuk mengamankan rute perdagangan maritimnya. Rudal akan dibangun di pabrik Boeing di St. Louis. Kemungkinan pembelian juga termasuk paket offset antara perusahaan produsen dan industri Maroko.

Royal Moroccan Air Force saat ini mengoperasikan 15 pesawat tempur F-16C Block 52+ dan delapan pesawat F-16D Block 52+. Pesawat-pesawat ini adalah bagian terbesar dari armada pesawat tempur Maroko, yang juga memiliki sembilan pesawat tempur Mirage F.1 dan 25 F-5 Tiger yang berbeda.

Maroko awalnya memiliki 24 unit F-16. Pada 2014, enam F-16 dikirim ke Uni Emirat Arab sebagai bagian dari koalisi Arab yang berperang di Yaman melawan Houti yang didukung Iran. Salah satu pesawat F-16 versi C Maroko hilang di sana.

Sharing

Satu pemikiran pada “F-16 Maroko Akan Dilengkapi Rudal Anti Kapal AGM-84L Harpoon”

Tinggalkan komentar