Korea Selatan Lebih Memilih Helikopter Tempur Surion

Jakartagreater.com – Korea Selatan lebih menyukai penggadaan helikopter Surion, yang merupakan buatan dalam negeri. Agen pengadaan senjata Korea Selatan dilaporkan mendukung helikopter tempur “Surion” yang dibangun secara lokal yang lebih murah daripada helikopter buatan Barat di bawah Project pengadaan 24 kapal tempur, lansir Defenseworld.

Defense Acquistion Programme Administration (DAPA) menyimpulkan studi selama setahun setelah menganalisisa tawaran dari lima perusahaan : Bell Textron (AH-1Z Viper), Boeing (AH-64E Apache Guardian), Turkish Aerospace (T-129 Atak), Lockheed Martin- Sikorsky (S-70i), dan Korean Aerospace Industries atau KAI (Surion Marine Attack Helicopter).

Helikopter yang dipilih akan menjadi tulang punggung Korps Marine Air Group Korea Selatan yang akan didirikan pada tahun 2021. Helikopter ini akan terdiri dari dua skuadron helikopter utilitas dan satu helikopter serang.

Helikopter tempur Surion (foto : Twitter Garret Jenings3)

Setelah studi selama setahun, Defense Agency of Technology and Quality (DTaQ) DAPA menyimpulkan bahwa pengadaan helikopter yang dikembangkan secara lokal, yang mampu beroperasi dari kapal serbu amfibi Angkatan Laut Korea Selatan akan lebih hemat biaya daripada membeli helikopter buatan asing, lapor Jane pada 19 April.

“Keputusan tentang program ini telah ditunda karena pandemi COVID-19 tetapi diperkirakan akan dibuat dalam waktu dekat,” kata para pejabat militer Korea Selatan.

Pada Desember 2016, Marinir Korea Selatan memesan 30 helikopter utilitas Surion MUH-1, yang dimulai dikirimkan pada Januari 2018

Sharing

Tinggalkan komentar