Angkatan Laut Tiongkok Terima Kapal Selam Nuklir Baru

Jakartagreater.com – Global Times melaporkan pada 22 April bahwa Angkatan Laut Tiongkok baru-baru ini menugaskan “kapal selam strategis baru bertenaga nuklir”. Tidak ada rincian yang disediakan oleh makalah ini tetapi kemungkinan yang dimaksud adalah kapal selam peningkatan Type 094, lansir Jane’s.

Ditulis untuk mencerminkan prestasi People’s Liberation Army Navy (PLAN), yang baru-baru ini merayakan ulang tahun ke 71 pembentukan Angkatan Laut Tiongkok, laporan itu merujuk pada “senjata baru” yang memperkuat Angkatan laut termasuk Destroyer Type 055, kapal induk pertama yang dibuat di dalam negeri , dan pesawat patroli anti-kapal selam baru (KQ-200), serta kapal selam baru.

Laporan itu tidak mengidentifikasi jenis kapal selam tetapi deskripsi yang menyatakan itu aset “strategis” menunjukkan kemungkinan itu adalah kapal selam rudal balistik nuklir (SSBN). Meskipun disebut sebagai senjata baru, tidak mungkin itu adalah kapal selam pertama dari generasi terbaru kapal selam Type 096 SSBN. Interval antara peluncuran dan commissioning Type 096 pertama bisa sampai empat tahun dan desain baru belum terbukti dalam citra satelit.

Masih sedikit informasi yang tersedia pada kapal selam Type 094, atau Barat memberinya nama Jin class. Analis memperkirakan kemungkinan Type 094 memiliki panjang sekitar 137 meter, dengan berat yang belum diketahi pasti, kemungkinan jauh lebih ringan daripada kapal selam SSBN Ohio class milik AS yang memiliki panjang 170 meter dan Borei class Rusia dengan panjang 170 meter. Ohio class berbobot 18.750 ton dan Borei class memiliki bobot 24.000 ton saat terendam.

Kapal selam Jin class dilengkapi dengan 12 tabung rudal, masing-masing mampu menembakkan rudal balistik nuklir (SLBM) JL-2, yang membawa antara satu hingga tiga hulu ledak nuklir dengan perkiraan jangkauan 7.200 km. Sebagai perbandingan, Borei class Rusia membawa 16 rudal SLBM Bulava dan Ohio class AS membawa hingga 24 rudal Trident II.

Kapal selam Jin class Type 094 hampir seimbang pada ukuran dan bobot dengan kapal selam nuklir lawas Triomphant class Prancis, dengan panjang 138 meter, dan membawa hingga 16 rudal balistik nuklir.

Sharing

Tinggalkan komentar