SAAB Uji Gripen D dengan Radar AESA

Jakartagreater.com – Saab telah memulai uji terbang pesawat tempur Gripen dengan sebuah radar multi-mode X-band Active Electronically Scanned Array (AESA) yang ditawarkan sebagai tambahan pada radar PS-05 / A family, lansir Jane’s.

Radar ini menggabungkan ujung depan AESA baru berdasarkan modul Gallium Nitride (GaN) transmit/receive module, dengan pemrosesan dan mode back-end yang diatur dari radar mechanically-scanned PS-05 / A Mk 4. Saab meluncurkan radar AESA baru ke sejumlah segmen pasar yang berbeda, termasuk upgrade pada pesawat tempur, platform agresor, dan pesawat latih / tempur ringan.

Dikembangkan oleh unit bisnis solusi radar Saab di Gothenburg, radar AESA X-band baru ditawarkan sebagai opsi peningkatan untuk pelanggan pesawat tempur Gripen C / D. Selain itu, arsitektur AESA modular dan dapat diperbesar akan memungkinkan celah array yang berbeda yang disesuaikan dengan instalasi dan aplikasi badan pesawat lainnya, termasuk pesawat pengintai udara.

Uji coba penerbangan pertama dilakukan pada 8 April, dengan radar AESA dipasang di pesawat tempur Gripen D dua kursi yang beroperasi dari fasilitas Linkoping perusahaan. Anders Carp, Wakil Presiden Senior dan kepala pengawasan bisnis Saab, mengatakan kepada wartawan selama konferensi pada 24 April bahwa prototipe radar X-band AESA menyelesaikan “penerbangan pertama yang sangat sukses, baik dalam hal kemampuan dan stabilitas”.

Tes penerbangan, yang berlangsung sekitar 90 menit, melihat radar mendeteksi dan melacak target dalam mode udara ke udara dan udara ke darat. Uji validasi lebih lanjut akan dilakukan selama tiga hingga empat bulan ke depan, dengan sekitar 15 tes penerbangan akan diterbangkan pada periode itu menggunakan pesawat Gripen D.

Carp mengatakan bahwa unit radar X-band AESA yang baru sudah dalam kondisi matang. “Jika ada pelanggan yang menginginkannya sekarang, kami siap untuk menerima pesanan dan memulai produksi,” katanya, menyarankan waktu tunggu sekitar 12-18 bulan untuk produksi, integrasi, dan pengujian awal.

Sharing

Satu pemikiran pada “SAAB Uji Gripen D dengan Radar AESA”

Tinggalkan komentar