Akibat Virus Corona, Indonesia Pangkas Anggaran Pertahanan

Jakartagreater.com – Indonesia telah memangkas anggaran pertahanan tahun 2020 sebesar hampir Rp 9 triliun (US$588 juta) sebagai antisipasi untuk menghadapi virus Covid-19, lansir Jane’s.

Pengurangan anggaran Pertahanan itu dimasukkan dalam Peraturan Presiden yang baru-baru ini diformalkan yang mensyaratkan beberapa Kementerian untuk membantu mendanai paket stimulus ekonomi pemerintah senilai Rp 436 triliun.

Menurut Peraturan Presiden No. 54/2020, anggaran Kementerian Pertahanan (2020) untuk tahun 2020 akan turun dari Rp131,2 triliun menjadi Rp122,4 triliun. Pemotongan sebesar Rp 8 triliun sama dengan penurunan hampir 7%.

Namun, alokasi pertahanan baru tahun 2020 masih merupakan peningkatan yang kuat sekitar 13% dibandingkan dengan anggaran pertahanan tahun 2019 sebesar Rp108 triliun.

Masih belum diketahui apakah pemotongan anggaran ini yang meyebabkan kemungkinan pembatalan pembelian tiga kapal selam baru. Beberapa waktu lalu dilaporkan Kemenetrian Pertahanan Indonesia sedang mengevaluasi pembelian tiga kapal selam diesel elektrik Nagapasa class tahap kedua dari Korea Selatan. Langkah itu dilakukan karena adanya penyusutan anggaran Pertahanan di tahun-tahun mendatang .

Sharing

Satu pemikiran pada “Akibat Virus Corona, Indonesia Pangkas Anggaran Pertahanan”

  1. Dgn kondisi ekonomi yg sekarang mengevaluasi atau membatalkan pembelian kapal selam adlh tindakan yg bijak krn kesejahteraan rakyat jauh lbh penting lagi pula selama era orba indonesia hanya mengoperasikan 2 kasel dan tdk ada masalah.

Tinggalkan komentar