US Navy Pilih Fregat FREMM Sebagai Fregat Masa Depan

Washington, Jakartagreater.com – Fregat masa depan Angkatan Laut AS kini akan mengadopsi desain dari kapal perang multi-misi FREMM Italia. Hal ini diumumkan oleh US NAVY pada hari Kamis, yang akan membeli kapal perang FREMM (Fregata Europea Multi-Missione) senilai US$ 795,1 juta. Pembelian ini mencakup pengerjaan desain pada kapal pertama, serta opsi tambahan hingga sembilan lainnya. Nilai total kontrak jika semua opsi disetujui akan menjadi US$ 5,58 miliar. Kontrak akan dirvisi dan dipertimbangkan lagi setelah selesainya 10 kapal perang pertama, lansir Defense News.

Dalam kemenangan besar bagi galangan kapal Marinette Marine di Wisconsin, Angkatan Laut AS memilih desain FREMM yang disebut Fincantieri. Galangan kapal itu sekarang menjadi pemain utama dalam pembuatan kapal Angkatan Laut A.S.

Angkatan Laut AS akan menyediakan sebagian besar peralatan pada kapal perang, termasuk varian dari radar AN / SPY-6 yang diperuntukkan bagi kapal Destroyer Flight III Arleigh Burke class yang sedang dibangun, dan biaya itu tidak termasuk dalam kesepakatan US$ 5,58 miliar.

Kemenangan Fincantieri tersebut mengalahkan tantangan dari Huntington Ingalls Industries, General Dynamics Bath Iron Works dengan desain F100 milik Navantia, dan Austal USA dengan versi terbaru dari kapal trimaran littoral combat ship.

Menurut dokumen anggaran Angkatan Laut 2021, US NAVY berencana membutuhkan waktu hingga enam tahun untuk menyelesaikan desain dan konstruksi kapal, yang harus selesai pada tahun 2026.

Fregat kedua diperkirakan akan dipesan pada April 2021, dan dari sana kapal itu harus dikirimkan sekitar lima setengah tahun setelah tanggal pemberian. Dengan kata lain, fregat pertama harus dikirim ke armada pada Juli 2026, dan yang kedua sekitar tiga bulan kemudian.

Angkatan Laut AS mencanangkan pengadaan fregat masa depan yang disebut FFG(X) yang diumumkan pada Juli 2020. Fregat FFG(X) adalah fregat multi-misi berpemandu untuk Angkatan Laut Amerika Serikat, sebagai kelanjutan dari kapal tempur littoral modular.

Fregat masa depan ini nantinya akan dapat mendukung armada kapal induk, dan memiliki sensor yang terhubung dengan seluruh armada untuk memperluas keseluruhan gambar taktis untuk armada kapal perang AS.

Fregat ringan multi-misi ini akan dilengkapi dengan versi modifikasi radar SPY-6 Raytheon yang digunakan pada kapal perusak Arleigh Burke class, Sistem Tempur Aegis Lockheed Martin, 32 sel peluncuran vertikal berbagai macam rudal anti kapal, rudal anti pesawat dan rudal jelajah, serta beberapa titik persenjataan close-in weapon system untuk pertahanan jarak dekat.

Sharing

3 pemikiran pada “US Navy Pilih Fregat FREMM Sebagai Fregat Masa Depan”

Tinggalkan komentar