Saatnya Membakar Kapal

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (photo: Tempo.co).
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (photo: Tempo.co).

Jakarta -Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti minta kapal nelayan asing yang mencuri ikan di perairan laut Indonesia ditindak tegas. Dia mengusulkan agar aparat keamanan khususnya TNI, menindak kapal nelayan asing dibakar bila terbukti mencuri ikan di laut Indonesia.

Menanggapi permintaan ini, Panglima TNI Jenderal Moeldoko angkat suara. Moeldoko mengaku siap menindak tegas kapal nelayan asing yang ketahuan menangkap dan mencuri ikan di perairan Indonesia.

“Kalau dia melakukan perlawan, bawa senjata kita sikat. Kalau dia kalau dia nggak bersenjata ada langkahnya,” kata Moeldoko di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/11/2014).

Jenderal asal TNI AD tersebut menegaskan kapal-kapal patroli milik TNI AL siap menerima penugasan untuk menindak kapal nelayan asing. Moeldoko membantah tudingan jumlah kapal yang minim untuk melakukan operasi.

“Secara kapal cukup banyak hanya mengerahkan kapal itu urusannya gede banget. Untuk bergerak operasi, habiskan ribuan ton BBM,” jelasnya.

Sebelumnya Menteri Susi blusukan ke Pulau Derawan Kalimantan Timur. Ia mendengar pencurian hasil laut oleh nelayan dan kapal asing. Alhasil eks bos Susi Air itu meminta aparat mengejar dan menindak tegas seperti menyita dan membakar kapal.

“Kejar. Bakar itu kapal, biar kapok. Orangnya jangan dibakar tapi ditahan,” seru Susi. (Finance.Detik.com).

Sharing

Tinggalkan komentar