Mirage 2000 Yunani Menjejaki F-16 Turki

Jakartagreater.com – Pilot pesawat tempur Yunani dan Turki sempat bersitegang di udara, ketika sebuah jet tempur F-16 Block 40 Turki berada di depan jarak tembak sebuah jet tempur Mirage 2000 5EG Mk.IIs Yunani, dirilis situs skai.gr, 05-05-2020.

Video yang ditayangkan terjadi hari Minggu, 3 Mei 2020 di wilayah Aegean Tengah, ketika dua pesawat F-16 Turki dianggap ‘melecehkan’ helikopter militer Yunani jenis NH- 90, yang membawa Menteri Pertahanan Yunani Nikos Panagiotopoulos dan Kepala Staf Umum Pertahanan Nasional Hellenic (GEETHA) Jenderal Konstantinos Floros ke pos militer di Oinousses dan Panagia, Agathonisi dan Farmakonisi.

“Aku mendapatkannya,” ujar pilot pesawat tempur Mirage Yunani yang mengejar pilot F-16 Turki, terdengar dalam video itu. Pilot Turki mencoba melarikan diri dengan bermanuver. Namun, pilot Yunani Mirage menempatkan F-16 Turki dalam parameter menembak dan berhasil menjejak lawan. Menurut Yunani jet tempur Turki memasuki FIR Athena tanpa izin dan kemudian melanggar wilayah udara Yunani.

Tanggapan Turki

Ankara, Senin, 05-05-2020 menunjukkan sikapnya tentang peristiwa di Laut Aegea itu sebagai bagian dari operasi “rutin”.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Turki Hami Aksoy membantah pelecehan tersebut. Ia menggambarkannya sebagai “penerbangan rutin” yang didramatisir oleh Athena, dan mengklaim bahwa jet tempur Turki sedang melakukan “operasi identifikasi pesawat rutin” di Aegean.

“Mendramatisir penerbangan rutin sehingga menabur ketegangan tidak menguntungkan Yunani,” katanya, dirilis ekathimerini.com, 05-05-2020.

“Sebaliknya, masalah ini harus diambil dalam proses langkah-langkah membangun kepercayaan (CBM) yang diluncurkan antara kementerian pertahanan kedua negara,” tegasnya.

Sharing

Tinggalkan komentar