Tiongkok Kini Memiliki Enam Kapal Selam Nuklir Type 094A Jin Class

Jakartagreater.com – Dilaporkan kini China memiliki enam kapal selam Type 094A. Dua kapal selam nuklir Tipe 094A yang ditingkatkan dipamerkan pada peringatan 71 tahun Angkatan Laut Tiongkok, pada bulan April 2020, lansir Navyrecognition.

Type 094 atau Jin class adalah kapal selam Nuclear-Powered Ballistic Missile Submarine (SSBN). Ini adalah SSBN generasi kedua milik Angkatan Laut Cina.

Menurut laporan Office of Naval Intelligence AS yang diterbitkan pada tahun 2015, kapal selam rudal nuklir Jin class siap untuk memulai patroli strategis dalam waktu dekat, untuk pertama kalinya dan menempatkan rudal Chinese intercontinental range ballistic di laut.

Menurut sumber terbuka Angkatan Laut, kapal selam bertenaga nuklir Type 094 memiliki panjang sekitar 137 meter. Ini dilengkapi dengan 12 tabung rudal, masing-masing mampu menembakkan rudal JL-2 SLBM (Submarine Launched Ballistic Missile), yang membawa antara satu hingga tiga hulu ledak nuklir dengan perkiraan jangkauan 7.200 km. JL-2 berasal dari rudal DF-31 InterContinental Ballistic Missile (ICBM).

JL-2 (nama pelaporan NATO CSS-N-14) adalah rudal balistik peluncuran kapal selam (SLBM) generasi kedua antarbenua yang diluncurkan di kapal selam Type 094 milik People’s Liberation Army Navy’s (PLAN) Tipe 094. Penerus dari rudal JL-1 SLBM yang digunakan pada kapal selam Type 092.

Menurut laporan tahunan 2019 Departemen Pertahanan AS tentang kemampuan militer China, China telah membangun enam kapal selam rudal balistik nuklir (SSBN) Type 094, atau Jin class, dengan empat yang sudah operasional dan dua lainnya masih menjalani kelengkapan di Huludao Shipyard.

Type 094A adalah varian dengan menara yang dimodifikasi dan ditingkatkan. Menara tampaknya menggabungkan fitur dari salah satu kapal selam Type 093 yang dimodifikasi. Kapal selam bisa dilengkapi dengan 16 tabung peluncuran, sedangkan Type 094 hanya memiliki 12 tabung peluncuran. Gambar yang diterbitkan pada tahun 2015 di situs web Tiongkok, Type 094A memiliki “bonggol” yang lebih menonjol di teluk rudal di belakang menara serta perubahan lain dalam kontur tubuh. Tipe 094A memiliki towed array sonar (TAS) yang dipasang di bagian atas tailfin, yang akan membuatnya lebih mudah bagi kapal selam untuk “mendengarkan” ancaman dan menghindarinya.

Versi Tipe 094A dapat dilengkapi dengan rudal balistik baru Julang-2A (JL-2A) yang memiliki jangkauan lebih besar daripada JL-2. Rudal baru itu dapat menjangkau hampir seluruh Amerika Serikat dari Pangkalan Angkatan Laut Yulin di Pulau Hainan.

Sharing

Satu pemikiran pada “Tiongkok Kini Memiliki Enam Kapal Selam Nuklir Type 094A Jin Class”

Tinggalkan komentar