F-15C Eagle Tergelincir Saat Pendaratan

Jakartagreater.com – Sebuah pesawat tempur F-15C Eagle mengalami kecelakaan saat melakukan pendaratan. Foto-foto yang beredar di media sosial memperlihatkan F-15C dari 142 Fighter Wing Oregon Air National Guard yang mengalami insiden kecelakaan di Pangkalan Angkatan Udara Andrews di Maryland. Pesawat tempur itu tergelincir dari landasan pacu dan kehilangan kubah pelindung radar setelah melakukan pendaratan darurat. Pilot dilaporkan selamat dan tidak mengalami cedera, lansir War Zone.

Menurut Kantor Joint Base Andrews Public Affairs Office yang dikonfirmasi oleh War Zone mengatakan bahwa telah terjadi kecelakaan pada 2 Mei sekitar pukul 1:30 siang waktu setempat. Kecelakaan itu tidak menimbulkan dampak besar pada operasinal pangkalan udara.

Gambar-gambar menunjukkan, selain kubah radar yang dicukur habis, roda pendaratan F-15C juga patah dan tangki bahan bakar tergencet hancur di bawah sayap kanan pesawat. Antena radar jet, kemungkinan radar active electronically-scanned array AN / APG-63 (V) 3 juga hilang.

Menurut War Zone, F-15C seharusnya dipersenjatai pada saat sebelum terjadinya kecelakaan, dan rudal di pangkal sayapnya terlihat sudah tidak ada. Tidak jelas apa yang terjadi pada rudal AIM-120 AMRAAM, yang mungkin dibawa di stasiun perutnya ketika meninggalkan landasan. Tahun lalu, F-15 Eagle lain dari Armada ke-142 menembakkan atau membuang semua rudalnya yang bernilai jutaan dolar ke Samudera Pasifik sebelum melakukan pendaratan darurat di Bandara Internasional Portland.

https://twitter.com/WoodardHortense/status/1257456511946764290?s=19

Pernyataan dari Kantor Urusan Publik Andrews mengatakan bahwa F-15C telah dialihkan ke pangkalan setelah mengalami “kerusakan dalam penerbangan” yang tidak ditentukan.

Hasil dari reka ulang menyatakan bahwa rem dan kemudi gagal dan pesawat tidak berhasil menangkap kabel / penghalang penangkapan atau kait. Roda pendaratan utama kanan juga patah. Jet tempur itu dikonfigurasi untuk patroli udara tempur pada saat kejadian dengan membawa rudal hidup. F-15 saat itu mendapatkan misi pertahanan udara sementara dari pangkalannya di Portland, Oregon ke Pangkalan Savannah Air National Guard Base Georgia.

Belum ada kabar tentang total biaya kerusakan, tetapi kemungkinan akan sangat besar. Dengan rencana Angkatan Udara yang akan menghentikan operasional F-15C / D pada dekade berikutnya, akan menarik untuk melihat apakah jet akan diperbaiki atau dihapus. Investigasi terhadap kecelakaan itu sekarang sedang berlangsung.

Sharing

8 pemikiran pada “F-15C Eagle Tergelincir Saat Pendaratan”

  1. Mungkin waktu mau mendarat dia pake kaki kanan duluan. Harusnya pake kaki kiri duluan biar gak terjerembab……xicicixicixicixi

    Itu radar dan rudalnya pasti yg sdh diperetelin sama bung madura.net utk dijual ke haji sukri tanjung periuk….xicixicixi

  2. Fans boy amatiran memang spt itu mas yuli.
    Begitu alutsista andalannya ada berita miring langsung pada tiarap semua. Tp msh mending disini. Klo dilapak sebelah fans boy amatirannya lebih parah lg. Pengetahuannya asal, komennya pun asal. Diluruskan gak terima. Gimana mau paham dunia militer. Walaupun gak se profesional para pakar, paling tidak klo kita komen ada dasar teorinya, paling tdk ada link yg dijadikan rujukan.

  3. Mereka menggunakan kacamata kuda… jadi dikasih tahu yang logis tetap saja ngeyel…
    Lagian industri militer itu adalah industri yang penuh kerahasiaan yang super, ahli yang jago sekalipun kadang2 tidak menggunakan dasar dari kondisi actual dari sebuah alat tempur, mereka terkadang juga menggabungkan dari karateristik, kemampuan pendahulunya, apa yang sedang dikembangkan dan terkadang menggabungkan beberapa unsur dan sumber informasi…
    Dan yang paling konyol adalah menjelek2an sistem pertahanan buatan Russia padahal diseluruh dunia tidak ada sistem lain yang lebih mampu dan terlibat langsung dalam sebuah konflik…

  4. Kordinatornya disebelah si Mr. Ad hominem yg kabur dr sini krn kalah debat, pindah lapak sebelah mas yuli
    Rupanya di sebelah malah tambah babak belur sang Mr. Ad hominem nya mas…xicixicixicixicixi

Tinggalkan komentar