Mesir Diperkuat Kapal Selam Type 209/1400 Ketiga dari Jerman

Kairo, Jakartagreater.com – Angkatan laut Mesir baru saja menerima kapal selam type 209/1400 ketiga dari Jerman. Kapal selam dengan nomor menara S43, adalah bagian dari kesepakatan pembelian empat kapal selam yang ditandatangani antara Jerman dan Mesir pada tahun 2011 dan 2014, lansir Xinhua.

“Mesir menerima kapal selam setelah personel dan teknisi khusus menyelesaikan pelatihan simultan di Mesir dan Jerman,” kata Refai, juru bicara Angkatan Laut Mesir.

Diproduksi oleh perusahaan Jerman ThyssenKrupp Marine Systems, kapal selam ini dilengkapi dengan sistem navigasi yang canggih.

Implementasi perjanjian pembelian kapal selam agak tertunda karena peristiwa politik yang terjadi di Mesir, namun pada 2015, perjanjian antar pemerintah disetujui untuk pembangunan tambahan dua kapal selam dari type yang sama untuk Mesir.

Mesir menerima kapal selam pertama, S41, pada Desember 2016 dan yang kedua, S42, pada Agustus 2017, dan kapal selam terakhir untuk Mesir S 44 sedang dibangun di Kieler Werft TKMS, dengan pengirimannya dijadwalkan pada tahun 2021.

Selain kapal selam buatan Jerman, Angkatan Laut Mesir juga mengoperasikan empat kapal selam Romeo Type 033 yang ditingkatkan buatan China.

Kapal selam Romeo Type 033 selain dilengkapi enam tabung torpedo 533mm di haluan, juga dilengkapi dua peluncur rudal anti-kapal UGM-84 di buritan.

Sharing

3 pemikiran pada “Mesir Diperkuat Kapal Selam Type 209/1400 Ketiga dari Jerman”

  1. Hal yg mengejutkan angkatan laut mesir memiliki kasel jadul kelas romeo buatan cina yg dipersenjatai dgn rudal antikapal harpoon buatan amerika.sementara kasel kelas nagapasa indonesia apakah sdh dipersenjatai dgn rudal harpoon.

  2. Setelah Chang Bogo Class batch 1 … belum ada lagi nampak realisasi KS tambahan bagi Korps “Hiu Kencana” … yang ada masih memperbanyak “silaturahim” ke galangan-galangan kapal selam dari negara-negara sahabat …

Tinggalkan komentar