Selesaikan Tahap Dasar Komando, Masuk ke Latihan Laut

Jakartagreater.com  –  Latihan dasar komando bagi 183 siswa pendidikan komando angkatan 163 TNI AL, memasuki materi tahap akhir, yakni jurit komando atau Prajurit Komando (Jurko). Latihan dasar komando ini melibatkan gabungan Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Korps Marinir tingkat III dan siswa Pendidikan Pertama Bintara Angkatan 39/1, yang berlangsung di Pusat Latihan Pertempuran Marinir Puslatputmar 5 Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Minggu 10-5-2020.

Tahap Dasar Komando Marinir

Pelatih Puslatpurmar Mar 5 Baluran, di bawah pimpinan Sertu Mar Ruslan Efendi menjelaskan, bekal keterampilan yang telah diberikan para pelatih, antara lain adalah mountaineering, prusiking (Prusik), fast rope, Helicopter Rappel Training, rappelling seat dan ipam rappelling.

Bekal keterampilan itu dilatihkan sejak tanggal 24 April 2020 hingga 10 Mei 2020. Apliksi dari teknik untuk kebutuhan prajurit komando itu, dilakukan di medan yang menyerupai daerah pertempuran sebenarnya, seperti sungai deras, lembah, ngarai, tebing-tebing terjal dan curam dalam penilaian Prajurit Komando (Jurko).

Latihan ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana kemampuan fisik, teknik dan ketrampilan perorangan yang telah dikuasai oleh para siswa pendidikan komando.

Tahap Dasar Komando Marinir

Jurko merupakan materi akhir tahap dasar komando. Selanjutnya para siswa akan memasuki tahap laut yang diawali dengan materi renang laut di pantai Jangkar, ujar Sertu Mar Ruslan Efendi, pelatih terbaik dari Puslatpurmar 5, dirilis Dispen Marinir.

Latihan pendidikan komando angkatan 163 ini, pimpinan Komandan Satgas Dikko 163 Mayor Marinir Hence K.F. Sumakul.

Sharing

Tinggalkan komentar