AS dan Cina Tingkatkan Kehadiran Militer di Laut Cina Selatan

Jakartagreater.com  – Baik Washington maupun Beijing telah mengintensifkan kegiatan militer mereka di Laut Cina Selatan selama tahun 2020 dibandingkan dengan periode waktu yang sama pada tahun 2019, meskipun ada Pandemi Corona yang sedang berlangsung.

AS sejauh ini telah melakukan 39 penerbangan di dekat perbatasan Cina atau wilayah yang disengketakan tahun ini. Penerbangan ini melintasi Laut Cina Selatan dan Timur, dekat Hong Kong, dan melintasi Selat Taiwan yang memisahkan Tiongkok Daratan dari pulau Otonom, yang dianggap Beijing sebagai bagian dari wilayahnya, dirilis Sputniknews.com, 10-05-2020.

Angkatan Laut AS, pada gilirannya, telah melakukan 4 misi di perairan yang disengketakan di Laut Cina Selatan sejak awal 2020, dengan menyebutkan tindakan mereka berdasarkan kebebasan operasi Navigasi. Dibandingkan dengan tahun lalu, AS setidaknya telah menggandakan jumlah operasinya di wilayah tersebut.

“Pasukan kami terbang, berlayar, dan beroperasi di perairan internasional Laut Cina Selatan atas kebijakan kami dan sesuai dengan norma-norma kelautan dan hukum internasional, menunjukkan berbagai kemampuan Angkatan Laut yang kami miliki di Indo-Pasifik”, Fred Kacher, komandan Expeditionary Strike Group 7, mengomentari operasi AS saat ini di wilayah tersebut.

Sekretaris Pertahanan AS Mark Esper, pada gilirannya, mengatakan bahwa operasi pasukan Amerika di Laut Cina Selatan adalah cara untuk “mempertahankan tingkat prediksi strategis”, sambil mengumpulkan tingkat ketidakpastian dalam operasional.

Beijing juga tidak menahan diri, mengintensifkan kegiatannya di wilayah Laut Cina Selatan sebagai tanggapan atas tindakan AS. Angkatan Udara People’s Liberation Army (PLA) telah melakukan penerbangan lebih sering dari biasanya atas wilayah yang disengketakan dan daerah sensitif lainnya, seperti Selat Taiwan.

Kapal induk Liaoning Cina juga terlihat pada beberapa kesempatan di dekat pulau itu, sementara Angkatan Laut PLA China melakukan latihan perang anti-kapal selam pada bulan April 2020.

Sengketa Laut Cina Selatan.

Cina mengklaim kepemilikan atas wilayah yang signifikan di Laut Cina Selatan, yang ditandai oleh apa yang disebut nine-dash line, yang ditentang oleh setidaknya 4 negara lain. Untuk membuat pijakan di wilayah tersebut, Beijing telah membangun sejumlah instalasi militer di wilayah tersebut, bersikeras bahwa mereka murni bersifat defensif.

Washington telah berulang kali mengutuk upaya-upaya Beijing dan telah berusaha untuk melawan kemajuan Tiongkok dengan melakukan misi kebebasan Navigasi reguler di Laut Cina Selatan. Cina mengecam tindakan Washington itu, dengan menyebutnya sebagai provokasi dan mendesak Gedung Putih untuk menghentikannya.

Sharing

25 pemikiran pada “AS dan Cina Tingkatkan Kehadiran Militer di Laut Cina Selatan”

  1. Kok ini sepi komen? Padahal ini berita buruk sekali, bayangkan halaman depan rumah NKRI mau dipakai adu otot negara-negara raksasa yg tidak kenal ampun. Masing-masing memiliki ambisi diri yg tidak terkenyangkan dg hanya menelan secuil potensi lcs, maunya seluruh lcs dikuasai berikut para penghuninya. Bagaimana kesigapan NKRI menghadapi tantangan semacam ini?

    • Begini lho dek kuncung.
      Hal ini tdk perlu dikhawatirkan sejak meningkatnya intensitas militer AS di LCS.
      Knp saya katakan RI tdk perlu khawstir dan duduk manis saat para gajah bertarung?
      Krn kita berharap jika terjadi pertarungan sesungguhnya yg menderita kekalahan adalah China. Sehingga China akan bangkrut dan negaranya mengalami resesi, serta harus membayar kompensasi perang dan kehilangan hak veto di PBB. Dan dampak terburuknya akibat pemerintahan dan militer mereka yg sdh dilemahkan adalah terpecahnya China menjadi negara2 kecil berdiri merdeka sendiri terbebas dr China spt kejadian Yugoslavia.

      Keuntungan bagi kita apa.?
      Selama ini kan hutang kita banyak ke China. Dng adanya China kalah perang dan RRC bubar menjadi bentukan negara2 kecil yg merdeka. Maka kita gak perlu bayar hutang ke China. Kita kemplang aja hutangnya. Toh kalo dibayar jg gak tau bayar kemana krn Republiknya sdh bubar.
      Sementara TKA asal China kita usir secara paksa kembali ke negaranya.
      Kita akan untung bukan.?
      Negara ASEAN yg berhutang dng China pun merasa senang hutangnya bisa lunas tanpa bayar sepeserpun.

      Kalo AS dan sekutunya gak mungkin kalah dek. Krn Rusia jg ikut mentungin China dr belakang.
      Jd kita gak perlu panik dek Kuncung.

      • Kwkwkwk, fans boy yg gk punya pendirian, tukang Hoax pula, kemarin loe muji cina, ngetek di keteknya cina pas di toko sebelah, sekarang loe ngandelin Amerika,
        Suruh Rusia dong, bantu negara loe, kan loe fans boy amatir nya, tukang Hoax pula, xixixixixi

        • Fans boy barat alat amatiran….kebakaran jenglot mewek mau nangis.
          Dia penasaran gak dikasih link pespur AS yg nyungsep ditembak rudal jadul Rusia…xicixicixicixi
          Kasi tau ndak yaa.?…..biar mewek sambil ngompol dulu lah……xicixicixicixi

          • Kwkwk, gua gk butuh link loe, loe tukang Hoax mana percaya gua sama loe,

            Film kok di jadikan bahan debat, dedengkot fans boy Rusia levelnya cuma gini doang, xixixixixix

          • Emang gue pikirin loe butuh apa gak….xicixicixicixi
            Makin mewek tuh….tau klo juragannya dipermalukan dng ditembak jatuhnya si pembom suluman yg katanya canggih…rupanya rudal jadul aja lawannya.
            Udah gitu pilot jet tempurnya yg ditembak jatuh, diuber2 guk guk aja sembunyi…..xicixicixicixi
            Dia enasaran gak dpt linknya nih yee…..xicixicixicixi

            Bung yuli. Jng dikasi linknya ya, biar makin mewek penasaran dia…xicixicixicixi

      • Ngarang seenak-enak dengkul
        Seburuk2nya cina dan AS masih ngasih profit ke Indonesia.

        – Cina peringkat 2 sebesar USD4,74 miliar dengan sebanyak 2.130 proyek
        – AS peringkat 8 sebesar USD989,3 juta dengan sebanyak 788 proyek

        Lo pikir kalo 2 negara ini kolaps (siapapun pemenangnya) tidak berefek ke Indonesia?
        Memangnya Russia the AlMighty ngasih kontribusi ke perekonomian Indonesia ? sampai urutan 15 saja tidak ada!

          • Kontribusinya mau ngubah ideologi Pancasila jadi komunis, itu kontribusinya, sedangkan fans boy rusia letoynya jadi tukang Hoax nyebar berita keunggulan alutsista nya yg kaya kaleng krupuk, hahahah

          • Hadewwww….

            Semenjak kapan Russia ingin merubah ideologi Indonesia???

            Lagian memangnya kalau dulu Soviet tidak memberikan dukungan dengan memberikan pesawat tempur paling sangar, pembom paling sangar, dan Indonesia menjadi satu2nya negara asia tenggara yang pernah memiliki kapal perang penjelajah… papua barat bisa kembali kepada Indonesia???

          • Di lg mewek bung yuli
            Penasaran gak dapat link jet tempur AS yg dibuat nyungsep di Serbia. Makanya ngomong ngelantur…..xicixicixicixi

            Giman malunya ya , siluman canggih ternyata musuhnya rudal jadul aja…xicixicixicixi
            Sakiiiitttt bangeet hatinya. Persenjataan Rusia memang Strooong Bingiiittt….xicixicixicixi

        • Tidak… efeknya tidak hanya kepada Indonesia tetapi kepada seluruh dunia…
          Orang Indonesia itu tangguh, meskipun pendapatan perkapita kecil tetapi dalam berbagai krisis selalu survive… bahkan ketika nilai mata uang terhap dolar terjun bebas ditahun 1998 Indonesia juga bisa survive…
          Mengapa harus bergantung kepada orang lain… mestinya orang lain yang butuh kepada kita…

          • @yuli
            Kwkwk, kita beli bro, bukan di gratiskan dari Soviet, pembelian alutsista dari Rusia/Soviet tahun 60 itu juga ada efek negatifnya, dengan berkembangnya kebebasan paham komunis di Indonesia, seiring dengan pemberangusan PKI oleh pak Soeharto di Indonesia, faktanya kita kena EMBARGO MASSAL, alutsista buatan Soviet jadi besi tua
            Sedangkan teori Soviet bantu Indonesia mendapatkan Papua barat, tidak sepenuhnya benar, Belanda menyerahkan Papua barat, atas tekanan amerika, karena penggunaan dana Marshall plan di gunakan utk militer bukan utk membangun ekonomi,

            Indonesia merdeka dengan bantuan Amerika secara tidak langsung, karena mengalahkan Jepang, sedangkan waktu mendapatkan irian barat, karena penggunaan dana Marshall plan yg tidak sesuai, dan mencegah Indonesia gabung dengan blok kumunis junjungannya RUSIA LETOY yg otaknya di dengkul,

          • Yang bilang gratis siapa??? memangnya siapa kita sampai diberi gratis, tetapi untuk mendapatkanya juga tidak semudah itu…
            Benar sekali Belanda ditekan USA untuk pergi dari Papua barat, karena USA juga tahu persis apa yang sedang diincar oleh Belanda dan skenarionya adalah untuk mengambil alih… alasan2 lain itu hanyalah omong kosong, USA itu negara kapitalis, mereka melakukan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu…
            Soviet mengembargo Indonesia karena perbuahan drastis setelah pelengseran Soekarno… memangnya Soeharto nonblok???? yang menjadikan alat perang Soviet jadi besi tua bukan karena Sovietnya, tetapi ya karena Indonesia sendiri… omong kosong tidak ada peran dari USA dalam hal ini…
            Merdeka karena bantuan secara tidak langsung dari USA??? Jepang meskipun kalah perang mereka tidak memiliki niat membiarkan Indonesia merdeka, mereka akan menyerahkan Indonesia kepada sekutu karena mereka merebutnya dari pendudukan Belanda, dan terbukti kedatangan sekutu (Inggris) yang diboncengi Belanda yang ingin mendapatkan kembali negara jajahanya… Malaysia dimerdekakan oleh Inggris… masih lebih terhormat Indonesia merdeka karena berjuang melawan Jepang maupun negara kapitalis sekutu…

          • Jangan heran bro, memang otaknya si ruskiy letoy kayak bayi umur 5 bulan, film aja di jadikan berita utk debat, walaupun itu khayalan, kwkwk

            Aslinya dia caper butuh perhatian, kwkwkkw

          • Asumsi??? itu fakta… mana jawaban yang berupa asumsi????
            Apakah setelah krisis moneter 1998 Indonesia kembali survive karena dibantu??? Indonesia kembali eksis ya karena memang karena kekuatan ekonomi orang Indonesia sendiri…
            Belum pernah mengalami era krisis ya???

          • Ciiieeee…masih mewek dia gak dikasih linknya.
            Sdh dikasi kluenya.
            Siluman F-117 nyungsep di hajar rudal jadul Rusia.
            Silahkan mewek lg…..xicixicixi

          • Fakta halu fans boy barat alay amatiran kah dek marpuiihhh….bilang aja jawaban ngasal kok dibilang fakta….xicixicixi
            Fans boy barat alay mulai mewek bung yuli….xicixicixi

  2. Jgn khawatir nkri selalu siap lagipula jk as dan cina bersitegang dilcs dan bukan diwilayah kedaulatan indonesia itu sebenarnya bukan masalah lagipula kenapa jg indonesia harus ikut campur dlm sengketa wilayah negara lain

  3. Kemungkinan sengketa LCS antara amerika & cina menjadi perang terbuka termasuk kecil dan mungkin hal itu hanya akan terjadi difilm lgpula mengalahkan cina bukan hal mudah krn spt halnya amerika cina jg termasuk negara adidaya nuklir selain itu cina banyak mendpt bantuan senjata dan transfer teknologi dr rusia mulai dr su 35, kapal perusak sovremenny,S 400, radar peringatan dini,dll.

Tinggalkan komentar