Mi-28NM Paling Modern akan Selesaikan Tes Tahun 2020

Jakartagreater.com – Pada akhir tahun 2020, Rusia akan menyelesaikan state test helikopter tempur Mi-28NM Rusia yang modern. Salah satu tes yang peling penting adalah menembakkan semua jenis persenjataan, termasuk rudal berpandu Hermes-A dan Chrizantema-BM. Bahkan sebelum menyelesaikan akhir tes, batch pertama dari enam helikopter Mi-28NM diperkirakan akan diserahkan ke pengujian di Pusat Uji Military Flying Trial and Retraining Center 344 di Torzok, lansir Defense24.

Menurut harian Rusia, Izvestia, mengutip sumber-sumber di industri penerbangan dan militer, versi terbaru dari helikopter Mi-28NM, yang diuji di Suriah tahun lalu, harus mendapatkan sertifikat negara pada tahun 2020. Rencana uji terbang, uji dan pelatihan lapangan diperkirakan akan memakan waktu sekitar 110 hari. Tes juga akan mencakup pengujian penggunaan semua jenis persenjataan berpandu dan tidak dipandu. Salah satu yang akan diperhatikan, antara lain penggunaan radar tembak NO-25M yang beroperasi dalam jangkauan sentimeter dan milimeter dan sistem senjata terbimbing baru, termasuk rudal rudal tank Chrizantema-BM dan Hermes-A.

9K123M Chrizantema-BM adalah versi modifikasi dari rudal Chrisantema dengan peningkatan jangkauan hingga 10 km dan sistem kontrol dua channel. Mirip dengan helikopter Ka-52K naval, Mi-28NM yang dimodernisasi juga dipersenjatai dengan rudal Hermes-A (juga disebut “Produk 305”), dengan propulsi modular dan multi-tahap, yang memiliki jangkauan hingga 20 km. Pekerjaan juga sedang dilakukan pada integrasi rudal udara-ke-udara R-73M dengan jangkauan 30-km pada helikopter ini.

Semua prosedur sertifikasi yang terkait dengan modernisasi avionik, persenjataan dan sistem propulsi harus diselesaikan tahun ini.

Tahun ini, 6 helikopter pra-seri diperkirakan sudah akan diserahkan ke Pusat Uji ilitary Flying Trial and Retraining Cente yang terkenal di Torzok, yang berspesialisasi dalam penerapan jenis-jenis persenjataan terbaru.

Di sisi lain, mulai tahun 2021, pengiriman 96 helikopter Mi-28NM akan dimulai sesuai dengan perjanjian yang ditanda tangani selama pameran ARMY-2019. Tingkat produksi yang direncanakan adalah 12-16 unit helikopter Mi-28NM per tahun.

4 pemikiran pada “Mi-28NM Paling Modern akan Selesaikan Tes Tahun 2020”

    • Saya rasa saat ini heli serang belum begitu urgent… bahkan saat ini seperti maraknya KKB di Papua justru heli serang yang dimiliki TNI AD tidak banyak tampil karena memang Pemerintah menghindarkan keterlibatan TNI dalam menangani masalah KKB papua untuk alasan politik… saat ini justru adalah masa untuk evaluasi dari pengoperasian heli serang yang digunakan TNI sebagai referensi untuk pengadaan heli serang selanjutnya…
      Sebenarnya berharap banyak heli serang entah itu Mi-35 atau Apache untuk menanggulangi KKB di Papua sekaligus untuk uji kehandalan keduanya di medan operasi semacam Papua yang terkenal dengan cuacanya yang ekstrem dan kontur wilayah pegunungan yang sulit…

  1. Salah satu alasan penting kenapa heli serang tdk digunakan dlm pemberantasan kkb adl indonesia tdk ingin banyak mendpt sorotan dunia internasional dan kalau indonesia memakai heli serang pd kkb seolah- olah indonesia menyatakan deklarasi perang/operasi militer pd kkb dan spt kita ketahui ada banyak simpatisan kkb dr dlm & luar negeri yg berkedok sbg aktivis pembela HAM yg tdk segan2 menyebarkan kabar pelanggaran HAM indonesia tdk peduli itu hoax ataupun fakta.

Tinggalkan komentar