Swedia Terima Kapal Selam Gotland Improved

Jakartagreater.com – Angkatan Laut Swedia (Svenska Marinen) telah menerima pengiriman Kapal Selam A19 Gotland yang telah dimodernisasi dan dilengkapi dengan sistem Air Independent Propulsion (AIP) dan sistem tempur terbaru, lansir Defenseworld.

“HMS Gotland sekarang adalah kapal selam paling modern, paling senyap dan paling efisien di Baltik dan Laut Utara. Kemarin, Angkatan Bersenjata Swedia dan Armada Kapal Selam Pertama menerima improved kapal selam dari pabrik Saab Kockum dan Angkatan Bersenjata Swedia, ”kata Angkatan Bersenjata Swedia (Forsvarsmakten) dalam sebuah pernyataan pada 15 Mei.

Kapal selam yang dimodernisasi sekarang memiliki sistem Stirling AIP yang ditingkatkan dari Mk2 ke Mk3 baru, sistem tempur yang mirip dengan kapal selam generasi terbaru yang akan menerima Blekinge (A26), sebuah tiang kapal lengkap baru oleh Safran, sonar dan Exelis ‘SA9510S Kongsberg ES-3701 – sistem peperangan elektronik (EW) serta sistem manajemen, sensor, dan komunikasi baru, selain perluasan lambung kapal selam dengan penambahan 2 meter.

“Modifikasinya termasuk sistem ship surveillance baru, sistem combat dan fire management system baru, diving locks dan mesin Stirling yang lebih modern. Ini berarti bahwa kapal selam bahkan lebih tenang, membuatnya lebih sulit untuk diburu dan bertarung, ”kata militer.

Tiga kapal selam Gotland class, yakni HSwMS Gotland, HSwMS Uppland, dan HSwMS Halland, ditugaskan pada akhir tahun 1990-an.

Dua kapal selam pertama telah menyelesaikan peningkatan Mid-Life Upgrades (MLU). “HMS Gotland adalah yang pertama dari dua kapal selam Gotland yang telah mengalami modifikasi mid-life upgrades. Yang lainnya adalah HMS Uppland, yang akan segera siap untuk pengiriman, ”bunyi pernyataan itu.

Ada juga opsi untuk memodernisasi dan peningkatan kapal selam ketiga.

“Modifikasi dari dua kapal selam Gotland mewakili langkah besar menuju generasi terbaru dari kapal selam militer Swedia, yang berjalan di bawah penunjukan A26,” tambah pihak militer.

Lebih dari 20 sistem terbaru di dalam kapal selam Gotland akan dipasang di kapal selam A26 terbaru Saab.

Spesifikasi utama dari kapal selam Gotland class yang ditingkatkan, diantaranya adalah:

Panjang: 62,7m
Beam: 6.2m
Draft: 5.6m
Propulsi: Dua mesin MTU diesel-electrik; Dua unit AIP Stirling v4-275R Stirling
Kecepatan: 11 knot dipermukaan dan 20 knot saat terendam
Awak: 32 orang
Senjata: 4 × 533 mm tabung Torpedo; 2 × 400 mm tabung Torpedo; dan 48 × Externally Mounted Naval Mines

Sharing

Tinggalkan komentar