Benarkah Su-35 Mesir Bisa Mengubah Keseimbangan Kekuatan di Kawasan?

Jakartagreater.com – Mesir kemungkian bisa menghadapi sanksi potensial dari AS setelah munculnya laporan pada minggu ini tentang dimulainya akuisisi jet tempur Su-35 buatan Rusia, lansir Almasdarnews.

Kesepakatan pembelian itu sedang berlangsung dan kemungkinan akan dilaksanakan meskipun ada ancaman dari Amerika Serikat ke Mesir, yang dibuat oleh Sekretaris Negara AS Mike Pompeo.

Menurut para ahli, kemunculan pesawat tempur Su-35 Rusia di Angkatan Udara Mesir akan menyebabkan ketidakseimbangan di wilayah tersebut, karena merupakan salah satu pesawat tempur paling kuat di dunia, dan akan memastikan keunggulannya atas Angkatan Udara negara lain di kawasan itu.

Surat kabar Rusia “Rossiyskaya Gazeta” menyatakan bahwa analisis dan pertempuran hipotetis Su-35 melawan F-15 dan F-22, menunjukkan bahwa pesawat tempur Rusia dirancang untuk menyaingi dua petarung udara itu, dan dalam dogfight jarak dekat tidak ada peluang bagi pesawat tempur Amerika melawan Su-35 Rusia.

Pada hari Sabtu, kantor berita Rusia TASS mengutip sumber diplomatik militer menyatakan bahwa Rusia telah mulai memproduksi pesawat tempur Su-35 untuk Mesir, berdasarkan kontrak yang ditandatangani dengan Kairo.

Sebuah dokumen yang diterbitkan oleh situs web resmi terkait kontrak dan tender pemerintah Rusia mengungkapkan tender terkait kontrak untuk memasok beberapa kabel dan electrical connections yang akan memasuki pembuatan senjata baru untuk Mesir.

Dokumen itu menyatakan bahwa kontrak tersebut dibuat antara Rusia dan pihak Mesir pada tahun 2018.

Su-35 merupakan ancaman bagi pesawat tempur Amerika dalam pertempuran udara. Meski masih dalam generasi ke-4 ,dan dapat bersaing dengan pesawat tempur Barat, termasuk pesawat generasi ke-5 mereka.

Su-35 dibekali persenjataan rudal udara-ke-udara dan udara-ke-permukaan dari semua jenis, termasuk juga rudal anti-kapal, dan bom berpemandu laser, serta meriam 30-mm yang dilengkapi dengan 150 peluru.

Sebagai perbandingan, pesawat tempur F-22 memiliki 4 hard point eksternal dan 3 weapon bay internal untuk meluncurkan rudal dan bom.

Adapun mesin yang dipasok ke pesawat tempur Rusia, menjamin kemampuan manuver yang sangat baik ,dengan kecepatan maksimal 2.500 km per jam di ketinggian 20.000 meter. Mesin Su-35 diklaim juga melebihi kemampuan semua pesawat tempur generasi keempat.

Sharing

12 pemikiran pada “Benarkah Su-35 Mesir Bisa Mengubah Keseimbangan Kekuatan di Kawasan?”

  1. ” tidak ada peluang bagi pesawat tempur Amerika melawan Su-35 Rusia.”
    —————————————————–
    Kata bang Haji Rhoma Irama dlm lagunya.
    Yg meweek makin meweek..
    Yg setress makin setress

    Legend of meweek >> lintahdarat.com<<
    …..xicixicixi

  2. Bukan mengubah sih… ,, Malah menyeimbangkan iya??? ,, kan Mesir f16 nya ompong ga ada rudal bvr nya karna tak dikasih ijin sama paman Sam ,, ya wajar saja… Kalo mesir melirik produk lainya ,, lagian dikawasan itu jg militer nya sangar2 ,, apa LG Tetangga Israel nya ,, wajar dong … jika Mesir Ga mau ketinggalan jauh ma tetangganya.

  3. Kwkwk, bukan mengubah keseimbangan, tapi siap2 aja jadi kaleng krupuk, pesawat iklannnya aja yg gede, nembak pesawat aja belum pernah, xixixixi

    Rusia letoy, …… Tukang Hoax, sori mbh propaganda mu udh gk mempan,

    MULAI SEKARANG , BAYANG2 AKUN LINTANG, AKAN MENGHANTUIMU, UASEKKKKKK

Tinggalkan komentar