Empat Pesawat Tempur Yang Perkasa

Jakartagreater.com – Pesawat tempur adalah mesin pembunuh di udara yang sering memutuskan jalannya perang modern. Kekuatannya termasuk kemampuan manuver, stealth, avionik, kemampuan multirole, dan data jaringan. Berikut adalah beberapa jet tempur perkasa di dunia :

F-22 Raptor (foto : Rob Shenk – Wikipedia)

F-22 Raptor

Menurut Lockheed Martin, kombinasi unik dari stealth, supercruise, dan kemampuan manuver canggih Raptor dengan avionik terintegrasi memungkinkan Raptor untuk menjadi satu pesawat tempur terbaik dan belum ada tandingannya di dunia.

Dengan dua mesin F119 – mesin paling canggih di dunia, dengan thrust-vectoring nozzle unik dan karakteristik stealth terintegrasi, memberikan F-22 kemampuan untuk melakukan supercruise, atau mencapai kecepatan Mach 1,5+, tanpa menggunakan afterburner.

Pesawat tempur Su-57 Rusia. (@ Russian MoD)

Sukhoi Su-57

Menurut media Rusia, Su-57 adalah pesawat tempur multirole generasi kelima. Su-57 terbang ke angkasa untuk pertama kalinya pada tanggal 29 Januari 2010. Dibandingkan dengan pendahulunya, Su-57 menggabungkan fungsi pesawat serang dan tempur dengan penggunaan bahan komposit dan teknologi inovasi serta konfigurasi aerodinamis yang memastikan minimnya jejak radar dan inframerah pada pesawat tempur ini.
Persenjataan Su-57 mencakup beberapa varian, termasuk rudal hipersonik. Jet tempur generasi kelima ini dilaporkan telah berhasil diuji dalam kondisi tempur di Suriah.

blank
Pesawat tempur siluman J-20 Tiongkok (foto : AFP)

Chengdu J-20

Menurut media China, desainer J-20 mengklaim jet petarung ini mewakili “lompatan besar ke depan dalam hal kemampuan PLA”. Pesawat ini memiliki jangkauan yang lebih jauh, kapasitas bahan bakar internal yang lebih besar dan kapasitas senjata yang lebih besar daripada pesawat tempur F-22 AS dan F-35, kata para perancang.

Untuk mengimbangi pesawat tempur Barat, J-20 dilengkapi dengan rudal udara-ke-udara jarak pendek PL-10 dan rudal jarak jauh PL-15.

blank
Pesawat tempur Rafale dengan rudal Meteor (foto : Dassault)

Dassault Rafale

Menurut Dassault, ketika program Rafale diluncurkan, Angkatan Udara Prancis dan Angkatan Laut Prancis menerbitkan persyaratan bersama untuk pesawat omnirole yang harus mengganti tujuh jenis pesawat tempur yang saat itu sedang beroperasi. Pesawat baru harus dapat melakukan berbagai misi yang sangat luas: pertahanan udara / keunggulan udara, anti-Access/area Denial, pengintaian, serangan udara jarak dekat, penargetan dinamis, serangan presisi udara ke darat, Serangan anti-kapal dan detterant nuklir.

Selain dipersenjatai dengan rudal udara-ke-udara jarak dekat Mica, Rafale juga dilengkapi rudal udara-ke-udara jarak jauh Meteor, dan untuk misi detterent nuklir, Rafale mampu menggotong rudal nuklir ASMP-A.(IndiaTimes)

Sharing

4 pemikiran pada “Empat Pesawat Tempur Yang Perkasa”

Tinggalkan komentar