Kapal Induk Cavour Italia Kini Sudah Bisa Operasikan F-35B

Jakartagreater.com – Setelah menjalani modernisasi dan perbaikan besar, kini kapal induk ‘Cavour’ Angkatan Laut Italia sudah bisa mengoperasikan pesawat tempur siluman F-35B.

Pada 6 Mei, kapal induk meninggalkan Arsenale Militare Marittimo (Arsenal Militer Maritim) Taranto, kata Angkatan Laut dalam sebuah pernyataan, pada hari Selasa, lansir Defenseworld.

Italia telah memesan total 30 jet siluman F-35B, 15 untuk Angkatan Udara dan 15 untuk Angkatan Laut. Angkatan Laut menerima dua dari F-35 pada 2018 dan 2019, sementara Angkatan Udara menerima pengiriman F-35B pertamanya pada 22 Februari 2020.

Kapal induk Cavour dilaporkan akan memiliki ruang untuk sepuluh F-35B STOVL (Short Take Off Vertical Landing) di hanggar, dan enam F-35 lainnya dapat diparkir di geladak.

Kapal induk Cavour Italia (foto : Defenseworld)

Kapal induk itu memiliki panjang 244 m dan lebar 39 m, dengan berat sekitar 27.000 ton. Kapal induk akan menyelesaikan tes teknis dalam beberapa minggu mendatang, di akhir periode pelatihan intensif akan dimulai.

Pekerjaan modernisasi dan restrukturisasi kapal induk dimulai pada bulan Desember 2018. Dek penerbangan mendapatkan tambahan penguatan lapisan logam baru. Penguatan lapisan logam baru pada dek penerbangan agar kuat saat menghadapi panas yang ditimbulkan dari mesin F-35B, yang mengarahkan nozel pendorongnya ke bawah untuk lepas landas dan mendarat secara vertikal.

Sharing

Tinggalkan komentar