Dubes: Amerika Siap Bantu Pertahanan Maritim Indonesia

DEPOK, KOMPAS.com- Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert Orris Blake menyatakan, negaranya siap untuk membantu pertahanan wilayah maritim Indonesia seiring dengan konsep poros maritim dunia Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengungkapkan bahwa awal pekan ini Pangkalan Udara Ramstein di Rhineland-Palatinate Jerman kemungkinan menjadi lokasi pusat antariksa aliansi militer antar-pemerintah

Ia menjamin Amerika siap memberikan peningkatan keamanan di wilayah perairan Indonesia dengan sumber daya dari angkatan militer Amerika.

Blake mengatakan, Amerika akan memberikan bantuan semacam pelatihan militer khusus untuk meningkatkan pertahanan Tentara Nasional Indonesia.

“Sokongan pertahanan tersebut bisa berupa pelatihan militer khusus,” ujar Blake.

Selain itu, ia juga menyebutkan siap memberikan bantuan peralatan untuk memperkuat pertahanan di wilayah perairan.

“Ini untuk memastikan keamanan wilayah perairan Indonesia, dan untuk mencegah penangkapan ikan oleh kapal asing,” kata Blake.

Ia menyebutkan, pertahanan wilayah perairan Indonesia menjadi penting mengingat letak geografis Indonesia yang dikelilingi oleh lautan. Apalagi, Indonesia sedang membentuk konsep poros maritim dunia.

Blake mengatakan, Indonesia mempunyai tantangan yang besar dalam bidang pertahanan wilayah perairan ketika berbagai kapal secara global melintasi wilayah Indonesia. (nasional.kompas.com)

Tinggalkan komentar