US Army Jajaki Beli Mortir NEMO Finlandia

Jakartagreater.com  –  Angkatan Darat AS mulai mensurvei pasar senjata global untuk penggantian sistem mortir tarik 120 mm, dengan opsi mortir yang memiliki jangkauan lebih jauh dan perlindungan bagi para kru. Demikian pula, Korps Marinir dengan mortir M327 tarik, setelah beberapa dekade mengalami masalah dengan senjata itu, dirilis Sputniknews.com, Rabu, 20-5-2020.

Perusahaan pertahanan Finlandia Patria telah menandatangani studi kelayakan bersama dengan Angkatan Darat AS untuk menentukan apakah NEMO (‘NEw MOrtar’) sistem mortar 120 mm dapat dipasang pada kendaraan AS dan dihubungkan ke sistem pengendalian tembakan AS, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Dokumen kerja sama Penelitian dan Pengembangan (CRADA) diumumkan pada hari Senin 18-5-2020. Angkatan Darat AS telah menguji sistem mortir di Fort Benning, Georgia September 2019 lalu selama pameran senjata.

Mortir Nemo Patria. (@U.S. Army photo by Patrick A. Albright)

Patria NEMO memiliki fitur sistem mortar yang dikendalikan dari jarak jauh dengan kemampuan menembak langsung dan tidak langsung, dan disebut-sebut sebagai senjata ringan dan kompak yang dapat dipasang pada kendaraan lapis baja dan kapal.

Angkatan Darat AS mulai mencari pengganti mortir 120 mm untuk yang sudah ada, di unit Tim Tempur Brigade Lapis Baja dan Stryker pada tahun 2018. Militer menginginkan sistem “yang memberikan perlindungan dari sistem baterai counter musuh dan mengisolasi prajurit dari efek kebisingan dan tekanan ledakan berlebih.

“Menurut spesifikasi Angkatan Darat, turret “harus mampu menembakkan proyektil yang lebih berat pada jarak yang lebih jauh daripada Sistem Mortar Batalyon (BMS) atau Recoil Mortar System-Light (RMS-L)”.

Korps Marinir juga mencari sistem mortir baru menggantikan mortir M327 tarik yang operasional di akhir 2017.

Patria telah menjual NEMO ke Angkatan Darat Finlandia, serta Arab Saudi, Slovenia, Swedia dan UEA, dengan yang terakhir mortit dipasang di atas kapal Angkatan Laut.

3 pemikiran pada “US Army Jajaki Beli Mortir NEMO Finlandia”

Tinggalkan komentar